Warga Telagah Unjuk Rasa Pekerjaan Jalan Tembus Langkat – Tanah Karo.

Foto : Unjuk rasa warga Desa Telagah dan Tanah Karo terkait pekerjaan jalan tembus Langkat - Tanah Karo,Selasa 28/8/2018.dok hK2 foto.

halKAhalKI.com, Langkat - Warga Desa Telagah Kecamatan Sei Bingei Kabupaten Langkat Sumatera Utara dan perwakilan warga Kabupaten Karo Sumatera Utara berunjuk rasa terkait lambatnya Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (Dinas Bina Marga ) Provinsi Sumatera Utara mengurus surat perjanjian kerja sama izin masuk alat berat di kawasan TNGL (Taman Nasional.Gunung Leuser) ,Selasa 28/8/2018.

Dari informasi yang dikumpulkan,akibat terlambatnya Dinas Bina Marga mengurus perjanjian kerja sama izin masuk alat berat di kawasan TNGL membuat rekanan pelaksana pekerjaan PT Akbar Perkasa Indonesia tidak dapat beraktifitas melaksanakan pekerjaan proyek peningkatan struktur jalan ruas Namu Ukur Bts Karo di Kabupaten Langkat.

Proyek dengan anggaran Rp.14.334.418.500. tersebut bersumber dari APBD Sumatera Utara tahun 2018. dengan masa pelaksanaan selama 180 hari kerja.

Ferdi Purba koordinator aksi menyatakan, demonstrasi terhadap pihak Dinas PU Provinsi (Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi,red) yang lambat mengurus surat perjanjian kerja sama izin masuk alat berat di kawasan TNGL, dalam hal ini menyikapi kejadian ini masyarakat memberi tenggat waktu 1 Mjnggu kepada pihak Dinas PU Provinsi sumut guna menyelesaikan surat tersebut di Kementerian Kehutanan.

"Apabila di mohonkan oleh PU, mereka pasti ikut kata PU agar Beko kita tahan seminggu," tutur Ferdi kepada Berutu Kepala UPT Jalan dan Jembatan Binjai ditengah kerumunan warga.

Menanggapi koordinator aksi itu Kepala UPT Jalan dan Jembatan Binjai Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sumatera Utara, Berutu kepada warga yang berunjuk rasa menyatakan akan menyampaikan kepada kepada kontraktor keinginan masyarakat.

"Kita akan sampaikan bahwa peralatan kmu (kontraktor,red) tidak bisa di keluarkan disana tanpa persetujuan masyarakat,"tutur Kepala UPT Jalan dan Jembatan Binjai./ref