Tiga Persen Pemilih Pemula Langkat Belum Rekam KTP Elektronik

Foto : seorang siswa pemilih pemula melakukan perekaman KTP Elektroniknya pada petugas Disdukcatpil Langkat di Sosialisasi Pemilih Pemula yang digelar KPU Langkat di Aula STIKes PAL Stabat,Jum'at 6/4/2018.

Togu Hutagaol (Kabid Disdukcatpil Langkat) : Kita berusaha sekuat tenaga agar tiga persen pelajar lagi yang belum melakukan perekaman dapat segera kita rekam.

halKAhalKI.com, Stabat - Menjelang hari pemungutan suara Pilkada serentak 27 Juni 2018, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Langkat menjamin perekaman e-KTP untuk pemilih pemula akan selesai sebelum jadwal Pilkada Langkat.

"Kita akan berusaha melakukan perekaman untuk pemilih pemula yang ada di kabupaten Langkat. Kita ngebut untuk kerjar target," kata Kabid Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcatpil) Langkat, Togu Hutagaol di sosialisasi pemilih pemula yang di gelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Langkat di aula STIKes Putra Abadi Langkat Stabat, Jumat (6/4/2018).

Togu menyatakan Disdukcatpil Langkat akan mengerahkan sumber daya yang ada agar tergerak perekaman bisa cepat diselesaikan. Pada kegiatan tersebutpun mereka melakukan perekaman bagi pemilih pemula.

"Satu di antara cara yang kita lakukan untuk memastikan pemilih pemula ikut berpartisipasi pada pilkada Langkat yakni dengan melakukan perekaman di sekolah-sekolah," katanya.

Dia mengatakan, di kabupaten Langkat ada sekitar 30 ribu pemilih pemula yang sudah berusia 17 sebelum jadwal pencoblosan pilkada Langkat pada 27 Juni mendatang. Dan hanya sekitar tiga persen yang belum direkam.

"Kita berusaha sekuat tenaga agar tiga persen pelajar lagi yang belum melakukan perekaman dapat segera kita rekam," katanya.

Namun walau pun nantinya target tersebut tidak tercapai, para pelajar masih bisa memilih menggunakan surat keterangan yang akan diberikan Disdukcatpil untuk menggantikan E KTP pada pilkada Langkat.

Masih Togu Hutagaol, terkait pemilih yang menggunakan surat keterangan pengganti KTP atau Suket yang habis masa berlakunya, pihaknya menghimbau agar Suket yang habis masa berlakunya di perpanjang.

"Ya.. pemilih yang gunakan Suket yang masa berlakunya hanya enam bulan atau sudah berakhir masa aktifnya harus mendatangi Disdukcatpil untuk perpanjang Suketnya agar bisa melaksanakan hak pilihnya nanti", tutur Kabid Pendaftaran Penduduk Disdukcatpil Langkat tersebut.

Anggota KPU Langkat, Tengku Muhammad Benyamin mengatakan sosialisasi pemilih pemula dilakukan agar para pelajar yang sudah berusia 17 tahun mengerti persyaratan untuk mencoblos.

"Syarat utama memilih adalah memiliki E KTP sehingga kita melakukan sosialisasi kepada para pelajar," katanya./ref.