Subdit Jatanras Polda Jatim, Gulung ‘Eksportir’ Kendaraan Bodong Ke Timor Leste

Tersangka penyeludupan kendaraan bodong dari Surabaya ke Timor Leste, dalam pengawalan personil Subdit Jatanras Direskrimum Polda Jatim di Polda Jatim, Rabu (10/2/2021)/ dok

Surabaya, hK2 | Ekspor kendaraan bermotor curian, dari Surabaya Jawa Timur menuju Timor Leste berhasil diungkap Subdit Jatanras Direskrimum Polda Jatim. Dan petugas berhasil mengamankan lima tersangka serta ratusan barang bukti kendaraan bermotor hasil kejahatan juga berhasil disita petugas.

Berbekal informasi dari masyarakat, Subdit Jatanras Direskrimum Polda Jatim menangkap AP (35 tahun), warga Sidoarjo yang berperan sebagai pencari kendaraan. SH (36 tahun), warga Jombang berperan sebagai pencari kendaraan. DI (40 tahun), warga Surabaya yang berperan sebagai pengepul. M (45 tahun), warga Surabaya berperan sebagai pengepul, dan PA (43 tahun), warga Surabaya yang berperan sebagai pembuat dokumen ekspor.

"Ini pengungkapan kasus penjualan kendaraan roda empat dan dua (curian) ke luar negeri," kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Gatot Repli Handoko di Markas Polda Jawati Timur, Rabu (10/2/2021).

Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jatim, AKBP Nasrun Pasaribu menuturkan, kasus itu diungkap pada Januari 2021 lalu. Para tersangka sudah beraksi sejak tahun 2017. Ratusan kendaraan yang dijual tersangka ke Timor Leste merupakan hasil tindak pidana, seperti hasil curian atau hasil kredit yang sengaja tidak dibayar, lalu digelapkan dengan dijual ke pihak lain.

Sebelum diekspor, kendaraan roda dua dan roda empat yang diperoleh tersangka, disimpan di gudang di Jalan Greges Nomor 61 Kota Surabaya.

Selanjutnya 1 2 3