Sipir dan Karutan Diperiksa Urine Dalam Sidak di Rutan Tanjung Pura

halKAhalKI.com, Langkat - Rumah Tahanan (Rutan) Klas II B Tanjung Pura di inspeksi mendadak (sidak) tim Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Sumatera Utara sekira pukul 15.00 WIB, Senin (11/2/2019).

Tim yang dipimpin Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kemenkumham Wilayah Sumut M. Jahari Sitepu,memeriksa urine seluruh sipir Rutan termasuk Kepala Rutannya.

Kadivpas Kemenkumham Wilayah Sumut, M.Jahari Sitepu menyatakan kepada jurnalis, sidak yang mereka lakukan ke Rutan Klas II B Tanjung Pura berdasarkan surat edaran dari Direktorat Jendral Pemasyarakatan Kemenkumham tentang langkah-langkah Progresif dan serius upaya pemberantasan Narkoba di Rutan,Cabang Rutan dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA).

Kadivpas juga mengatakan, sidak yang mereka lakukan untuk mencermati beberapa kejadian di Rutan, Cabang Rutan, Lapas dan LPKA, terkait peredaran narkotika yang disinyalir dikendalikan dari dalam melalui telepon seluler.

"Kita berharap dengan terciptanya Rutan,Cabang Rutan maupun Lapas dan LPKA bebas dari Narkoba dan handphone, akan memutus jaringan peredaran narkoba yang ditengarai dilakulan warga binaan" ungkapnya Kadivpas Kemenkumham Sumut.

Sementara itu Kepala Rutan Klas ll B Tanjung Pura R.Hutasoit, menyatakan, sebanyak 41 orang pegawai Rutan yang diperiksa urine.

Dari hasil tes urine itu, semuanya positif dan tidak ada satupun pegawai kita sebagai pengguna Narkoba, katanya./ref