Rumdis Tak Layak, Jadi Kelas di SDN 058109 Secanggang.

halKAhalKI.com - Secanggang :Ditengah gemuruhnya perhatian pemerintah RI akan dunia pendidikan dan besarnya gelontoran dana APBN maupun APBD ke sekolah sekolah, ternyata masih ada sekolah yang terkesan di abaikan atau luput dari perhatian pemangku kebijakan di daerah.

Sebagai contoh SD Negeri No 058109 yang berada di Jalan Balai Gajah Telaga Jernih Kecamatan Secanggang, kondisi ruang kelasnya sangat memprihatinkan jauh dari layak dan nyaman untuk digunakan sebagai ruang kelas belajar mengajar bagi murid dan guru.

Sekolah yang mendidik 93 siswa dengan rombongan belajar 6 kelas dan diasuh oleh 6 orang Guru ini ,kondisinya sangat membutuhkan perhatihan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Langkat.

Murid Murid kelas III dan kelas V SD tersebut menempati 2 Rumah Dinas Guru yang kondisinya sangat memprihatinkan ,plafon yang berantakan terkelupas hinga terlihat seng penutup atap,disana sini bocor sehingga jika hujan turun air mengenangi lantai,jendela tidak utuh tidak tidak ada daun jendela lagi, warna tembok menguning dimakan usia serta kursi dan  meja siswa maupun guru sudah tidak layak lagi.

Rumah dinas Guru yang tidak layak huni tersebut dijadikan kelas bagi tunas tunas bangsa merangkai asa,kondisi yang tidak layak tersebut terpaksa disulap menjadi kelas.Tidak layaknya rumah dinas tersebut bahkan Guru sendiri enggan menempati rumah dinas tersebut.

SD Negeri No 058109 memiliki 6 rombel (rombongan belajar) dan kekurangan 2 ruang kelas kondisi ini pernah diangkat ke media tahun 2015 yang lalu,namun hingga saat ini tidak ada perubahan dan perhatian dari Dinas Pendidikan Kabupaten Langkat.

Menurut Kepala Sekolah Solikhin yang menemani halKAhalKI.com meninjau kondisi ruang belajar SD Negeri No 058109 bersama Amir seorang Guru Senior di sekolah tersebut, pihaknya akan mengajukan proposal permohonan pembangunan ruang kelas baru (RKB) kepada Dinas Pendidikan Langkat, "saya telah mempersiapkan proposal pengajuan dan telah memfoto kondisi sekolah",tutur Kepala Sekolah yang baru menjabat kurang dari setahun tersebut.

Lanjut Solikhin,"Selama saya disini,saya berupaya melakukan perubahan disekolah.Sekarang sekolah kita ini udah saya masukin listrik setiap kelas telah ada instalasi listrik".

FOTO : Solikhin,Kepala Sekolah SDN 058109 Telaga Jernih bersama Amir Salah seorang Guru Kelas didepan rumah dinas Guru yang dijadikan kelas.

"Dan memang di butuhkan RKB untuk menampung siswa belajar dari 6 rombel, kondisi siswa yang belajar di rumah dinas ini dah lama seperti ini bahkan telah diketahui pak Jumiran saat menjadi KUPTD Secanggang bahkan sering ngadakan ke mari adakan pertemuan di sini (sambil menunjuk bangunan perpustakaan,red)",papar Solikhin.

Hal senada diungkapkan Amir salah seorang Guru SD Negeri No 058109,"mungkin ada 8 tahun kondisi rumah dinas ini dijadikan kelas, dan saya ingat tahun 2015 pernah di mediakan dan dampaknya sampai ke Dinas Pendidikan tapi hingga saat ini tidak ada tindakan apapun tetap sama kondisinya anak anak tetap belajar di sini".

Lanjut Amir,"tahun 2015 kami dibantu pembangunan perpustakaan pada hal yang kami butuhkan ruang kelas baru",/ref.