Safawi al Jawy

Resolusi 1 Abad NU, Islam di Tanah Melayu Langkat Istiqomah Membangun Peradaban Tarikat

Tuan Guru Berilah, Syaikh Dr. H. zikmal Fuad, M.A dan Ketua PC Nahdlatul Ulama Kabupaten Langkat, Zulfan Effendi, S. Ag. M. Si

Baru-baru ini warga Nahdiyyin Langkat kedatangan tamu dari Muslimat NU Kabupaten Padang Lawas Utara ,mengunjungi desa wisata religi Kabupaten Langkat, Besilam Babussalam Kecamatan Padang Tualang, (8/1/2023 ).

Mereka berkunjung ingin bersilaturahmi kepada Tuan Guru Syaikh Dr. H. zikmal Fuad, M.A. Mursyid yang saat ini memimpin Tarikat Naqshabandiyah al Khalidiyah yang berada di tanah Langkat.

Kunjungan tersebut memberi kesadaran pada masayarakat Langkat bagaimana hebatnya pengaruh ketokohan ulama Tarikat Naqsabandiyah khususnya Besilam Babussalam dari masa ke masa.

Beramai-ramai mereka ngalap berkah kepada tuan Guru yang penuh khidmat dan bersahaja tersebut. jauh-jauh dari Padang Lawas hanya ingin berkunjung untuk menyaksikan agungnya sebuah peradaban Tarikat di kampung kecil Besilam Babusalam ini.

Mereka dengan penuh takzim mengamini setiap untaian munajat yang dipimpin sang Tuan Guru Agung, berdoa untuk keselamatan dan kemuliaan di dunia dan akhirat,

Pertanyaan yang amat mendasar pun muncul. Mengapa mereka menganggap sebegitu penting eksistensi Tuan Guru beserta ajaran-ajaran tarikatnya bagi perkembangan amaliyah kehidupan mereka itu sendiri?.

Jawabnya, mereka percaya bahwa mendekati Allah dengan melazimkan dzikir melalui metodologi yang di ajarkan dalam tarikat adalah merupakan perkara yang wajib untuk diketahui.

Untuk masuk didalamnya, serta menemukan mutiara-mutiara Makrifat yang menyebabkan ketenangan dan kestabilan dalam menjalani hidup yang keras ini. Lantas, bagaimana sikap masyarakat Langkat itu sendiri dalam memandang tarikat, tasawud dan Besilam Babussalam?

Selanjutnya 1 2

Komentar

Loading...