Rekomendasi Bawaslu Langkat Yang Belum Ada, Antar Rapat Pleno Terbuka KPU Langkat di Skors

halKAhalKI.com, Langkat - Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Kabupaten Langkat Pada Pemilu 2019 yang telah menyelesaikan rekapitulasi dari 23 Kecamatan se Kabupaten Langkat dan telah di setujui para saksi partai politik, calon Presiden dan Wakil Presiden serta calon angggota DPD RI daerah pemilihan Sumatera Utara ditunda KPU Kabupaten Langkat.

Pantauan langsung halKAhalKI.com di ruang rapat pleno terbuka KPU Langkat di Aula Akper Pemkab Jalan Putra Aziz No.2 Kwala Bingai Kecamatan Stabat, Jum'at (3/5/2019) sekira Pukul 16.20 WIB.

Rapat pleno rekapitulasi tersebut yang telah memasuki penetapan diskor Ketua KPU Langkat, Sopian Sitepu di karenakan adanya rekomendasi Bawaslu Kabupaten Langkat yang disampaikan anggota Bawaslu Kabupaten Langkat Riono Hardiman.

Sebelum diskor rapat pleno tersebut Ketua KPU Langkat mempertanyakan kepada Riono Hardiman anggota Bawaslu Langkat apa isi rekomendasi Bawaslu Langkat kepada KPU Langkat.

Menjawab pertanyaan Ketua KPU Langkat, Riono Hardiman yang mewakili Bawaslu Langkat menyatakan rekomendasi Bawaslu Langkat kepada KPU Langkat belum dirapatkan dan meminta waktu untuk merapatkannya.

Mendengar pernyataan Bawaslu Langkat di rapat pleno terbuka tersebut, para saksi diantaranya Ferdinand saksi dari PDIP Langkat,M Bahri saksi PBB, Agus saksi PPP dan saksi lainnya menginterupsi dan menyatakan keberatannya serta mempertanyakan mengapa saat rekapitulasi hasil Pemilu 2019 yang direkapitulasi perkecamatan Bawaslu Kabupaten Langkat tidak keberatan dan memberikan rekomendasi pada saat rekapitulasi tersebut dilakukan.

Dan akhirnya rekapitusi dari setiap kecamatan (23 Kecamatan) yang telah disyahkan KPU Langkat dengan tidak adanya keberatan atau rekomendasi Bawaslu Kabupaten Langkat.

Menanggapi interupsi dan pertanyaan para saksi tersebut,Ketua KPU Langkat Sipian Sitepu didampingi anggota KPU Langkat, Muhammad Khair,Ferdiansyah Putra, Maghfirah Menjerang,
dan Agus Arifin, kembali meminta penegasan Bawaslu Langkat terkait kapan waktunya rekomendasi Bawaslu Langkat dapat di berikan kepadan KPU Langkat untuk di pelajari dan dituruti.

Menanggapi permintaan KPU Langkat tersebut, Riono Hardiman anggota Bawaslu Kabupaten Langkat tidak busa memastikan karena mereka belum melaksanakan rapat.

"Kami secepatnya akan menyampaikan rekomendasi Bawaslu Langkat dan kemungkinan besok pagi jam 10 (Sabtu,4/5/2019)," tutur Riono Hardiman anggota Bawaslu Kabupaten Langkat.

Atas pernyataan Riono Hardiman tersebut, Ketua KPU Langkat Sopian Sitepu menskor rapat pleno tersebut.

"Rapat pleno di tunda hingga besok jam 10.00 (WIB)," kata Sopian Sitepu menskor Rapat Pleno teebuka KPU Langkat.

Akibat di skornya rapat pleno teebuka tersebut hingga besok Sabtu 4 Mei 2019,membuat para Saksi dari berbagai partai politik kecewa terhadap anggota Bawaslu Kabupaten Langkat Riono Hardiman dikarenakan adanya rekomendasi Bawaslu tersebut./ref