PTPN 2 Pembersihan Lahan HGU di Dusun Selemak, Langkat.

DIRUBUHKAN, salah satu bangunan yang berada di atas lahan HGU PTPN 2, Selasa (29/9/2020) sore. /dok foto hK2

Langkat, hK2 | Dalam rangka olah tanah tanaman tebu PTPN 2 untuk mendukung program nasional swasembada gula nasional, PTPN 2 melaksanakan pembersihan lahan tanam seluas 203 hektar berdasarkan HGU Nomor 02 dan 03 di kawasan Dusun Selemak Desa Pertumbukan, Kabupaten Langkat, Selasa (29/9/2020).

Dalam pembersihan terhadap lahan yang di garap masyarakat tersebut PTPN II mengerahkan ratusaan personil satuan pengaman (Satpam), karyawan dan personil dari organisasi karyawan PTPN 2.

Pantauan langsung halKAhalKI.com, terlihat alat berat PTPN II beserta satpam dan karyawan merubuhkan pohon jeruk serta tanaman palawija penggarap dan setidaknya ada 4 bangunan yang dijadikan tempat tinggal penggarap tanah HGU PTPN 2 yang dirubuhkan.

Pada saat pembersihan lahan dari tanaman dan bangunan pengarap, terjadi sedikit kericuhan antara penggarap dan pihak PTPN 2, hingga menimbulkan setidaknya 3 korban pelemparan batu dari personil PTPN 2, sehingga mengakibatkan ke tiganya mendapat perawatan di salah satu RS yang ada di Kota Stabat.

Plt Manejer Kebun Kwala Madu Irwan, SP kepada halKAhalKI.com di lokasi, Selasa sore, mengatakan pihaknya melakukan pembersihan lahan dari tanaman dan bangunan yang berada di atas lahan HGU yang dikuasai penggarap secara bertahap termasuk lahan HGU di Dusun Selemak.

"203 hektar lahan HGU PTPN 2 berdasarkan HGU 03 dan 02 aktif dari BPN," sebut Irwan.

Selanjutnya 1 2