Proyek di Dinas Kesehatan Langkat, Diduga PMII Langkat Binjai Timbulkan Kerugian Negara

halKAhalKI.com,Langkat - Setelah berunjuk rasa di Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Langkat PMII Cabang Langkat Binjai melanjutkan berunjuk rasa di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Langkat, Selasa (15/1/2019) sekira pukul 11.45 WIB.

Setelah beberapa saat puluhan Anggota PMII berorasi di depan kantor Dinas Kesehatan Langkat di bawah pengamanan Polres Langkat,Seluruh pengunjuk rasa diterima perwakilan Dinas Kesehatan Langkat Limin Ginting Kabid Sumber daya dan Supardi Kasubag Umum Dinas Kesehatan Kabupaten Langkat.

Dalam penyampaian tuntutannya di Aula Dinas Kesehatan, PMII Langkat Binjai menyebutkan dari hasil Audit BPK RI tahun 2017 pada pekerjaan proyek Dinas Kesehatan ditemukan adanya pengurangan Volume 4 Paket  Rehabilitasi Puskesmas Tahun 2017 yang mengakibatkna kerugian negara sebesar Rp 230.656,93.  

PMII Langkat -Binjai meminta Dinas Kesehatan menjelaskan pengembalian dari kerguian negara tersebut hasil temuan yang terjadi ditahum 2017. Mereka juga mempertanyakan fungsi pengawasan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Langkat terkait pengendalian pekerjaan  rehabilitasi pada tahun 2017 tersebut.  

Selain itu juga, PMII juga mempertanyakan tentang Dana Biaya Operasional Kesehatan (BOK) non gaji untuk Puskesmas dan jaringannya serta UKBM dalam menyelenggarakan Pelayanan Kesehatan Promotif dan Preventif KIA-KB, Gizi, Imunisasi, Kesehatan Lingkungan, Promosi Kesehatan, dan Pengendalian Penyakit untuk mempercepat pencapaian tujuan MDGs. Mereka menilai hal tersebut ada yang fiktif di buat dan tidak tepat sasaran. Karena ada petugas kesehatan di Puskesmas yang telah bekerja tetapi belum menerima haknya.

Gusri Hanafi Ketua PC PMII Langkat Binjai juga menyebutkan kepada perwaakilan Kepala Dinas Kesehatan akan menindak lanjuti temuan ini ke apartur penegak hukum, termasuk pihak yang ada di Jakarta. /ref

https://youtu.be/ow2iBSThf8s
PMII Langkat Binjai Demo Dinas PUPR Kabupaten Langkat dan Dinas Kesehatan Kabupaten Langkat,Selasa 15 Januari 2019