Porang Komoditi Ekspor Unggulan, Mulai di Budidayakan Petani Langkat

Langkat, hK2 | Petani di Kabupaten Langkat mulai ramai membudidayakan porang atau yang dikenal juga iles-iles merupakan tanaman umbi-umbian dari spesies Amorphophallus muelleri.

Porang merupakan tanaman liar yang tumbuh di kawasan hutan. Saat ini menjadi komoditas ekspor unggulan dengan nilai jual yang cukup tinggi di pasar ekspor seperti Jepang, China, Taiwan, dan Korea.

Tak sedikit manfaat yang didapatkan dari tanaman porang, seperti banyak digunakan untuk bahan baku tepung, kosmetik, penjernih air.

Umbi porang yang diracik berbentuk cips/lempengan dan diolah menjadi tepung porang memilik harga jual hingga lebih dari Rp 110.000/kg. Tepung porang ini bisa diolah menjadi berbagai produk makanan, seperti beras porang, mie sarataki, kosmetik, obat-obatan dan bahan perekat.

Harga jual umbi porang sangat ini menggiurkan, mulai dari Rp 8.000, Rp 13.000 - Rp 15.000/kg (umbi porang basah). Sedangkan biji katak yang tumbuh dari ketiak daun pohon porang saat ini harganya melambung mencapai Rp 315.000 - Rp 350.000/kg, dari semula hanya Rp 90.000/kg. Biji katak ini sebagai bibit untuk ditanam menjadi umbi porang, selain dari biji bunga spora tanaman porang.

Selanjutnya 1 2