Politisi Gerindra Sindir Medan Kota Terkotor.Yakin Bobby Bawa Adipura Kembali

Wakil Ketua Partai Gerindra Sumut, Sugiat santoso. /ist

Medan, hK2 |Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyebut Medan sebagai kota metropolitan terkotor se-Indonesia pada 2019. Status tersebut diterima Medan setelah  mendapat nilai terendah dalam penilaian Adipura 2017-2018.

Rendahnya nilai sebuah kota dalam penilaian adipura itu dipengaruhi beberapa faktor. Mulai dari nilai jelek karena melakukan pembuangan terbuka (open dumping). Ada pula kota yang mendapat skor rendah karena belum membuat kebijakan dan strategi nasional (Jakstranas) pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga.

Faktor lainnya yang membuat hasil penilaian adipura sebuah kota menjadi rendah adalah komitmen yang kurang, anggaran kurang, serta partisipasi publik yang kurang. 

Hal ini dikatakan Wakil Ketua Partai Gerindra Sumut, Sugiat Santoso, ia juga menyebutkan tatus Medan sebagai kota terkotor harus diakhiri dan menilai Pemko Medan di bawah kepemimpinan Dzulmi Eldin hingga Akhyar Nasution tak punya konsep yang jelas dalam mengelola sampah.

Selanjutnya 1 2