Poldasu dan Polres Langkat Bantu Warga Operasi Katarak di RSUD Tanjung Pura

Foto : Kombes Pol dr Nyoman Eddy Berbincang dengan warga yang usai diopersi katarak di RSUD Tanjung Pura Langkat, Sabtu (2/2/2019)

halKAhalKI.com, Langkat - Polda Sumatera Utara dan Polres Langkat melaksanakan kegiatan operasi mata katarak bagi sembilan belas warga yang berasal dari wilayah Polsek Hinai,Polsek Tanjung Pura dan Polsek P Brandan di RSUD Tajung Pura Kabupaten Langkat, Sabtu (2/2/2019).

Kegiatan membantu memperbaiki penglihatan warga tersebut di mulai sekira puku 09.00 WIB dan di operasi dokter spesialis mata dan bedah RSUD Tanjung Pura dan berlangsung lancar.

Pantauan halKAhaLKI.com di RSUD Tanjung Pura, terlihat warga yang terdiri dari kaum Bapak dan Ibu yang rata rata berusia lanjut tersebut, setelah selesai di operasi kataraknya di ruang operasi para warga di tempatkan di dua ruangan Kasturi untuk beristirahat.

Tampak hadir menemani para warga tersebut Kapolsek Hinai AKP Hendri Yanto Sihotang,Kapolsek Tanjung Pura AKP M.Yusuf Surbakti dan Waka Polsek Tanjung Pura IPTU Rochmat beserta beberapa personil dari Polsek Hinai dan Tanjung Pura.

Kepada halKAhalKI.com AKP Hendri Yanto Sihotang menyatakan kegiatan ini merupakan bakti sosial kesehatan mata kepada warga terutama yang kesulitan melihat diakibatkan katarak di matanya. Kegiatan sosial Polres Langkat di koordinir oleh Kapolres Langkat AKBP Doddy Hermawan sebagai wujud Polisi sahabat masyarakat.

"Sebelum ada 50 orang telah didata dan didaftarkan Polres Langkat, namun setelah dilakukan skrining atau observasi, ternyata hanya 19 orang yang positif katarak, dari Polsek Hinai ada 6 warga yang dioperasi kataraknya," tutur Hendri Kapolsek yang ramah tersebut.

Sementara Kapolsek Tanjung Pura AKP M.Yusuf Surbakti mengatakan, untuk pasien katarak asal wilayahnya ada 7 orang yang kataraknya dioperasi.

"Kegiatan Bakti sosial ini untuk membantu masyarakat yang membutuhkan pengobatan pada matanya akibat katarak dan kita berharap, warga yang ikut kegiatan ini,nantinya sembuh dan penglihatannya pulih kembali, amin...amin...Ya Allah," kata Kapolsek Tanjung Pura yang simpatik tersebut.

Beberapa saat kemudian terlihat AKBP Pol Samsidar, yang menjabat Ahli Madya I Bidang Dokkes Polda Sumut mengunjungi dana berbincang dengan warga untuk memastikan kondisi warga usai dioperasi di ruang Kasturi RSUD Tanjung Pura.

Tak lama berselang Kombes Pol dr Nyoman Eddy Kepala Rumah Sakit Tingkat II Polda Sumatera Utara juga mengunjungi dan memastikan kondisi para warga pasca pelaksanaan operasi katarak di RSUD Tanjung Pura.

Nyoman Eddy juga berbincang ramah dengan warga dan menyebutkan," habis dari operasi mata katarak, beberapa saat kemudian perban yang menutupi mata bisa dibuka dan harus mengunakan kacamata yang telah disediakan."

Sementara itu Juminem (60) dan Misinem (64) yang keduanya Warga Dusun Suka Damai Timur Kecamatan Hinai, serta Syarifah (67) warga Dusun Masjid Pulau Banyak Kecamatan Tanjung Pura, mengucapkan terimakasihnya kepada Kepolisian khususnya Polda Sumatera Utara dan Polres Langkat beserta jajarannya yang telah membantu menyembuhkan penglihatan mereka.

"Dimana kami bisa dapat operasi mata katarak dengan gratis, hanya Pak Polisi-lah yang membantu pengobatan kami, kalau operasi mata katarak memakai uang sendiri, itu tidak mungkin karena kami gak punya uang," sebut Juminem.

"Sangat mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak bapak Polisi yang telah bantu kami" lanjut Juminem dengan haru.

Selanjutnya Besok (Minggu,3/2/2019) 6 orang warga dari wilayah Polsek Pangkalan Brandan juga akan dioperasi kataraknya./ref