Persatuan Batak Islam : Wisata Halal Tidak Kurangi Kearifan Lokal

Ketua Bidang Informasi DPW Persatuan Batak Islam (PBI) Sumut, Arief Tampubolon

MEDAN, halKAhalKI.com | Pro dan kontra soal wisata halal di Danau Toba, yang menyedot perhatian publik harus segera disikapi dengan arif dan bijaksana. Presiden Joko Widodo harus segera meresmikan wisata halal di seluruh destinasi wisata Indonesia.

"Seperti halal park di GBK yang diresmikan Jokowi beberapa waktu lalu, kita  juga minta presiden melakukannya di Danau Toba," ungkap Ketua Bidang Informasi DPW Persatuan Batak Islam (PBI) Sumut Arief Tampubolon kepada wartawan di Medan, 7 September 2019.

PBI Sumut, kata Arief, mendukung penuh program wisata halal yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara datang ke Indonesia, khususnya ke Danau Toba.

"Soal pro dan kontra kemarin itu kita sudahi saja, ini soal pembangunan dan kemajuan negara dan daerahnya. Wisata halal kan ada maksudnya, bukan asal presiden membuat progam wisata itu. Pasti presiden sudah mempertimbangkan hal-hal positifnya. Sama seperti wisata halal park. Dan di negara-negara yang wisatanya sudah cukup mapan pun ada wilayah-wilayah yang memudahkan wisatawan muslim untuk makan dan minum serta melaksanakan sholat. Itu saja, tidak lebih dari itu," tegas Arief.

Selanjutnya 1 2