Pengurus dan Anggota PSI serta Perindo Akan Di Verifikasi Faktual KPU Langkat

Foto : Anggota KPU Sopian Sitepu saat menyaksikan Syamsul Harahap Ketua Bidang Organisasi DPC Perindo Langkat menncabut nomor verfifikasi faktual Partai Perindo di, Stabat Seafood,Minggu 17/12/2017

halKAhalKI.com - Stabat : Memasuki tahapan verifikasi faktual ditingkat KPU Kabupaten kota tanggal 15 Desember hingga 4 Januari 2018 sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 7 Tahun 2017. KPU Kabupaten Langkat akan melakukan verifikasi faktual tehadap DPC Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kabupaten Langkat dan DPD Partai Perindo Kabupaten Langkat.

Verifikasi faktual kedua partai politik tersebut mencakup Kepengurusan dan keanggotaan partai politik DPC PSI Kbupaten Langkat dan DPD Partai Perindo Kabupaten Langkat.

Hal ini dinyatakan Sopian Sitepu anggota KPU Kabupaten Langkat yang juga Koordinator Divisi Hukum KPU Langkat di acara sosialisasi verifikasi faktual kepengurusan dan anggota parpol ini, Minggu (17/12) di Stabat Sea Food Jalan KH Zainul Arifin Stabat.

"Parpol yang mendaftar di KPU Langkat 14 parpol, 2 parpol yang tidak memenuhi syarat yaitu Partai Garuda dan Partai Berkarya, sementara itu 2 parpol  belum pernah ikut pemilu, yaitu Perindo dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) akan dilakukan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan, sementara parpol yang sudah mengikuti pemilu 2014 tidak lagi dilakukan verifikasi," tutur Sopian Sitepu.

"Selain itu untuk PBB, PKPI, Idaman, Parsindo yg diloloskan Bawaslu, masih menunggu keputusan KPU RI.
Kepada parpol yg lolos penelitian administrasi, perlu diperhatikan keterwakilan perempuan, keanggotaan ambang batas minimal 1000, dan keberadaan kantor", lanjut Sopian.

"Verifikasi faktual itu dilakukan petugas KPU dan tim verifikasi yang langsung menemui kepengurusan dan  keanggotaan parpol untuk memastikan keabsahan kepengurusan dan keanggotaan yang dibuktikan dengan e-KTP, kartu anggota partai, dan surat keputusan kepengurusan", tegas Sopian dalam paparannya kepada Ketua dan pengurus partai politik yang ada di Kabupaten Langkat. /ref.