Panen Raya Padi di Sirapit. Agar Hasil Maksimal Gubsu Sarankan Belajar ke Daerah Lain

Gubsu Edy Rahmayadi dan Bupati Langkat Terbit Rencana PA panen raya padi di Kecamatan Sirapit Kabupaten Langkat, Selasa (26/10/2021)./dok

halKAhalKI.com, Langkat | Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi Gubsu menyarankan perlunya mencontoh dan belajar ke daerah lain bagi para petani dalam pengelolaan dan pemeliharaan padi.

Ini disarankan Gubernur Sumatera Utara saat panen raya padi di Kecamatan Sirapit Kabupaten Langkat, Selasa (26/10/2021). 

Sehingga mampu meningkatkan hasil panen sampai 10 ton perhektarenya, sebut Edy Rahmayadi didampingi Bupati Langkat Terbit Rencana PA dan Dirjen Prasarana dan Saranan Kementerian Pertanian, Ali Jamil.

Dalam kegiatan panen raya ini, Bupati Langkat mengatakan, panen raya di Kecamatan Sirapit ini mencakup tiga desa. yakni Desa Tanjung Keriahan dengan luas sawah 200 hektare, Desa Suka Pulung luas sawah 300 hektare, dan Desa Aman Damai seluas sawah 250 hektare.

"Secara keseluruhan, hasil panen di Kecamatan Sirapit, rata-ratanya berkisar 7 sampai 8 ton perhektare," sebut Terbit Rencana.

Terbit juga mengaku, akan melakukan berbagai inovasi untuk kesejahteraan para petani Langkat. 

Dengan didampingi Bupati Langkat, Gubernur dan Dirjen Prasarana dan Saranan Kementerian Pertanian memotong rumput padi yang telah. menguning di petak persawahan yang akan di panen.