Orangutan di Evakuasi BBKSDA Sumut  ke TNGL 

Foto : Evakuasi orangutan dari perkebunan warga ke TNGL

halKAhalKI.com, Langkat - Seekor orangutan yang kerap keluar masuk ke perkebunan warga di Desa Sei Serdang Kecamatan Batang Serangan Kabupaten Langkat, dievakuasi Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara.

Evakuasi orangutan oleh BBKSDA tersebut bekerjasama dengan Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL) dan Orangutan Information Centre (OIC)

Hotma Uli Kepala BBKSDA Sumut Hotmauli Sianturi melalui Kasi KSDA Wilayah II Stabat Herbert BP Aritonang mengatakan kepada jurnalis,Senin 20/8/2018. Setelah mendapat laporan masyarakat ada seekor orangutan yang selalu masuk perladangan. Pihak BBKSDA melakukan pemantauan saat orangutan tersebut muncul dilakukan penembakan bius.

Foto : Evakuasi orangutan ke TNGL

"Setelah diperiksa oleh dokter hewan bahwa orangutan tersebut dalam kondisi sehat, lalu kita translokasi ke habitatnya di Hutan Restorasi Resort Cinta Raja TNGL," kata Herbert.

Lanjut Herbert, orangutan tersebut berjenis kelamin jantan, usia 15 tahun dengan berat badan 40 kg. Selanjutnya Herbert juga meminta kepada warga masyarakat bila mengetahui ada orangutan yang berkeliaran di perladangan atau pemukiman agar tidak menangkap dan memeliharanya, namun segera melaporkannya ke pihak BBKSDA.

Sementara itu selama dilakukan translokasi ke habitatnya, petugas kembali melakukan pemantauan selama satu hari untuk memastikan orang utang tersebut benar-benar sehat dan layak untuk dikembalikan ke habitatnya./ref