Mengapa Vaksinasi Covid-19, 2 Kali. Ini Penjelasan Plt Kadis Kesehatan Langkat

Bupati Langkat Terbit Rencana PA didampingi Sekdakab Langkat Indra Salahudin dan plt Kadis Kesehatan Langkat, saat disuntik vaksin C-19 yang kedua, Kamis (1/4/2021). / dok

halKAhalKI.com, Langkat | Vaksinasi Covid-19 diberikan kepada setiap orang sebanyak 2 kali, hal ini dikarenakan inkubasi vaksin pertama, hanya membentuk 50 persen anti bodi dan vaksinasi yang dua, untuk membentuk anti bodi 100 persen.

Ini dijelaskan pelaksanaan tugas Kadis Kesehatan Langkat, dr Juliana saat pelaksanaan vaksinasi kedua bagi Bupati Langkat Terbit Rencana PA, Sekdakab Langkat Indra Salahudin serta para kepala perangkat daerah Pemkab Langkat serta sejumlah tokoh agama dan masyarakat Langkat dan lainnya di Jentera Malay Rumdis Bupati Langkat, Stabat, Kamis (1/4/2021).

Hal ini dikarenakan, suntikan dosis pertama hanya mengaktifkan dua jenis sel darah putih, yakni sel B plasma dan sel T. Dimana sel B plasma fokus membentuk antibodi, sedangkan untuk sel T yang  secara khusus dirancang untuk mengidentifikasi patogen tertentu dan membubuhnya.

“Jadi diperlukan suntikan dua dosis,  untuk memaparkan  kembali molekul antigen pada patogen virus. Guna memicu sistem kekebalan dan meningkatkan kekuatan respons imun yang sebelumnya sudah terbentuk,” papar dr Juliana.

Selanjutnya 1 2

Komentar

Loading...