MBN Langkat : Rekomendasi Contoh Ornamen Melayu kepada DPUPR Langkat

Agusma Hidayat,Wali Utama PB MBN Langkat, menyampaikan rekomendasi contoh ornamen Melayu untuk pintu gerbang di Simpang Bupati kepada Kabid CIpta Karya DPUPR Langkat, Azmi, Senin (1/11/2021),

halKAhalKI.com, Langkat | Ornamen Melayu di pintu gerbang atau gapura di pertigaan simpang Bupati, akses menuju perkantoran Pemkab Langkat akan dibangun kembali,

Hal ini dikatakan Agusma Hidayat selaku Wali Utama PB MBN Langkat pada Senin (1/11/2021), usai menyampaikan rekomendasi contoh ornamen Melayu untuk pembangunan pintu gerbang tersebut kepada Dinas PUPR Langkat

"Alhamdulillah sesuai kesepakatan bersama Dinas PUPR Pemkab Langkat, tadi PB MBN Langkat sudah menyampaikan rekomendasi resmi contoh Ornamen Melayu yang akan dibangun di P APBD 2021 akhir tahun ini yang dalam hal ini di wakili Khairul Azmi selaku Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Pemkab Langkat", ujar Agusma Hidayat kepada jurnalis.

Agusma juga menyebutkan, pihaknya merekomendasikan contoh ornamen Melayu, sebagai bentuk etika dan kerendahan hati dan yang akan akan dibangun Dinas PUPR Langkat di P APBD 2021 dan rencanannya akan dilanjutkan di R APBD 2022.

"PB MBN Langkat merekomendasikan Ornamen Pokok Kolan yang bermakna sifat merendahnya orang melayu yang tercermin pada sikap sehari-hari sopan dan hormat. Sikap-sikap tersebut dilihat pada gerak-gerik dan tutur bahasanya, utamanya bila berjumpa dengan kaum kerabat, orang yang lebih tua, bahkan kepada orang pendatangpun disambut dengan kerendahan hati terlihat pada bentuk pola rangkaian hati",kata Agusma.

Dikelaskannya lebih lanjut, Ornamen Pokok Kolan telah ditempatkan pada dinding bangunan Rumah Adat Melayu di Kota Stabat tepatnya dibagian samping kanan dan kiri pintu. Ornamen Pokok Kolan seperti tanda hati saling menimpa yang berbentuk daun lebar keladi melingkar lingkar seperti rantai.

"Ini merupakan ikhtiar kita bersama untuk memajukan pembangunan di Kabupaten Langkat berbasis kearifan lokal kebudayaan daerah yang berciri khas Melayu dalam menjunjung Kembali Ornamen Melayu di buminya sendiri serta menopang pembangunan daerah turut serta berpartisipasi aktif membantu Pemkab Langkat mencapai visi dan misi seperti yang kita harapkan bersama", pungkasnya mengakhiri.