Mau Jadi Caleg DPRD Langkat 2024, Ini Rancangan Dapil dan Alokasi kursinya

RDP Komisi A DPRD Langkat dengan KPU Langkat terkait dapil dan alokasi kursi Pemilu DPRD tahun 2024 akan datang, Rabu (30/11/2022).

halKAhalKI.com, Langkat | Dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang akan datang, khususnya Pemilihan calon legislatif (caleg), calon anggota DPRD Langkat. Khususnya dalam hal pembentukan daerah pemilihan (dapil) serta alokasi kursi DPRD Langkat.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Langkat merancang penataan dapil dan alokasi kursi, dan KPU mengajukan 3 rancangan dapil.

Ini disebutkan Ketua KPU Langkat Sopian Sitepu dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi A DPRD Langkat Rabu (30/11/2022). Sopian yang hadir bersama anggota KPU lainnya menjelaskan alasan perubahan dapil disebabkan bertambahnya jumlah penduduk di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Langkat.

Disebutkan Sopian, menjawab pertanyaan Ketua Komisi A Bahri yang meminta penjelasan terhadap rancangan yang telah KPU buat. “Ada 3 rancangan dapil yang kami ajukan, yakni rancangan 1 terdiri dari 5 dapil, rancangan 2 terdiri dari 6 dapil dan rancangan 3 terdiri dari 6 dapil,” ujar Ketua KPU Langkat.

Muhammad Khair anggota KPU Langkat pun menambahkan penjelasan Ketua KPU, bahwa perubahan dapil menganut tujuh prinsip yakni kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional, proporsionalitas, integritas wilayah, berada dalam cakupan wilayah yang sama, kohesivitas, dan kesinambungan sebagaimana tertuang dalam Peraturan KPU RI nomor 6 tahun 2022.

Selanjutnya 1 2 3