Luar Biasa.. ,Orang Meninggal, KTP-nya Masuk Di Dukungan Balon Bupati Langkat

Foto : pelaksaaan verifikasi faktual oleh PPS dan diawasi Panwascam Salapian secara melekat

halKAhalKI.com - Salapian : Verifikasi Faktual 5 bakal pasangan calon Bupati Langkat dan Wakil Bupati Langkat jalur perseorangan masih berlangsung di 277 Desa dan Kelurahan di Kabupaten Langkat.

Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 277 Desa dan Kelurahan yang ada di Kabupaten Langkat melaksanakan verifikasi faktual terhadap dukungan 5 bakal pasangan calon dengan cara langsung menemui pemilik KTP yang ada dalam dukungan tersebut.

Foto : Pelaksanaan verifikasi faktual di Desa Parangguam Salapian

Terkait dengan verifikasi faktual yang dilaksanakan PPS, jajaran panwaslu Langkat senantiasa melaksanakan pengawasan melekat terhadap verifikasi tersebut.Pania Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) yang merupakan komponen dibawah koordinasi Panwaslu senantiasa melaksanakan tugas dan kewajiban dalam hal pengawasan Pilkada Langkat di wilayah kecamatan masing masing.

Foto : Kondisi jalan yang harus dilalui menuju Desa Adin Kecamatan Salapian

Panwascam Kecamatan Salapian yang memiliki daerah kerja 16 Desa dan 1 Kelurahan aktif laksanakan pengawasan melekat verifikasi faktual.

Desa Parangguam,Desa adin dan ujung Bandar yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Sei Bingei - Langkat serta Kabupaten Tanah Karo berada di kaki pengunungan Bukit Barisan dan berbatasan langsung dengan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL).

Desa tersebut juga tidak luput dari kunjungan Panwascam Salapian untuk melakukan pengawasan proses verifikasi faktual yang dilaksanakan PPS diduga desa tersebut.

Sutrisno anggota Panwascam Salapian mengatakan, "proses pengawasan kita lakukan walaupun di dua desa tersebut yang berbatas dengan TNGL, cuaca tak bisa di prediksi dan akses jalan juga berlumpur hingga menyulitkan untuk menuju ke desa itu", (Kamis,14/12/2017

Lanjut Sutrisno,"kondisi tersebut bukan penghalang bagi kita laksanakan tugas dengan penuh semangat menuju desa tersebut, walaupun kondisi jalan bak kubangan kerbau pun tak ada kata menyerah selagi sepeda motor masih bisa d geber, tuntutan tugas tetap di laksanakan sebagai tanggung jawab kerja sebagai panwascam".

Foto : Pelaksanaan pengawasan melekat Panwascam Salapian.

Dari pengawasan yang Panwascam Salapian lakukan terhadap proses verifikasi faktual 5 bakal Paslon jalur perseorangan Pilkada Langkat, ditemukan pemilik KTP dukungan salah satu bakal Paslon telah meninggal setahun yang lalu.

"Kami juga menemukan KTP dukungan terhadap salah satu calon independent (perseorangan,red) ternyata sudah setahun  yang lalu meninggal dunia" tutur Sutrisno anggota Panwascam Salapian./ref