LPK Sumut Akan Laporkan Pencemaran Lingkungan PT MAR.

halKAhalKI.com, Langkat - Peningkatan luas kebun sawit yang diiringi dengan peningkatan jumlah produksi mengakibatkan bertambahnya jumlah atau kapasitas industri pengolahan minyak sawit. Hal ini juga akan menimbulkan masalah, karena limbah yang dihasilkan akan bertambah pula, dan apabila tidak dikelola dan dimanfaatkan dengan baik akan menyebabkan pencemaran lingkungan.

Foto : Limbah PT MAR

Tidak di kelolanya limbah tersebut sebagaimana mestinya akan membuat dampak bagi lingkungan dan meresahkan masyarakat sekitar sebagaimana keresahan masyarakat Desa Jati Sari, Kecamatan Padang Tualang Kabupaten Langkat, Sumatera Utara terhadap limbah yang diduga masyarakat berasal dari pabrik kelapa sawit (PKS) milik PT Makmur Abadi Raya (MAR).

Kondisi ini dapat dilihat dari parit yang berada di sisi jalan Kabupaten di kawasan Desa Jati Sari Padang Tualang, airnya berwarna hitam dan mengeluarkan aroma busuk yng menyengat hidung.

Terkait hal tersebut Norman Ginting Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lembaga Pemberantasan Korupsi (LPK) Sumut, sangat menyesalkan kondisi tersebut dan menduga adanya pembiaran yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Langkat, terhadap PKS PT. MAR yang telah mencemari lingkungan.

Foto : Norman Ginting

Akibat dari itu, katanya, pihaknya akan melaporkan PT MAR kepihak hukum.

Selain itu katanya lagi, pihaknya juga akan melaporkan PT MAR yang mencemar lingkungan ini, kepihak Kementrian Lingkungan Hidup di Jakarta./ref.