Langkat Gelar Napak Tilas Brandan Bumi Hangus.

halKAhalKi.com, P.Brandan - Peringatan Brandan Bumi Hangus ke 71 tahun 2018 yang dilaksanakan menjadi rangngkaian egiatan dalam memeriahkan HUT RI ke 73, yang diselenggarakan Bagian Kesejahteraan Sosial Setdakab Langkat yangnmerujuk pada Perda Kabupaten Langkat Nomor 8 tahun 1995 tentang peringatan Hari Bumi Hangus Kota Pangkalan Brandan. Serta surat keputusan Bupati Langkat Nomor 003.1-18/K/2018 tanggal 15 juni 2018, tentang panitia penyelenggara peringatan Bumi Hangus Kota Pangkalan Brandan ke -71 tahun 2018 Kabupaten Langkat.

Salah satu rangkaian tersebut adalah napak tilas Brandan Bumi Hangus yang menjadi agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Langkat dan Bupati Langkat Ngogesa Sitepu melepas peserta napak tilas tahun 2018 di Taman Makam Pahlawan Bahagia Desa Sei Siur Kecamatan Pangkalan Susu- Langkat,Minggu 12/8/ meapangan bola kaki kampung Baru Kel Brandan Timur Baru Kec Babalan.

Dalam pelepasan peserta Napak tilas Bupati Langkat menyatakan kegiatan napak tilas merupakan rangkaian dari memperingati Brandan Bumi Hangus dan diharapkan kegiatan ini, menjadi inspirasi serta semangat untuk membangun mental seluruh masyarakat Langkat, terkhusus generasi muda. Dengan menjadi anak – anak bangsa yang unggul dan berprestasi di tengah persaingan jaman ini, yang semakin kompetitif.

“Jadi tujuan kegiatan ini, salah satunya,menanamkan nilai dan semangat kepahlawanan serta rasa cinta tanah air khususnya dikalangan generasi muda,”tuturnya.

Selain itu, kata H.Ngogesa, melalui pelaksanaan napak tilas ini, juga diharapkan menumbuhkan kebangkaan samangat kebersamaan, kekompakan, senasib sepenanggungan yang akan berimbas kepada pengutan jiwa nasionalisme dan cinta kebangsaan.

“Untuk itu, kita semua sebagai masyarakat Kabupaten Langkat harus memiliki kebanggan, atas peristiwa perjuangan tersebut,kata Ngogesa.

Ketua panitia acara Musa Pasaribu, pada laporannya, mengucapkan terimakasih kepada Ngogesa Sitepu, yang tidak pernah absen untuk selalu ikut serta mendampingi dan mengiringi kegiatan napak tilas ini, selama dua priode menjabat Bupati Langkat.

Dipaparkan,Musa lomba napak tilas BBH ini dilaksanakan mulai 12 - 13 agustus 2018 dengan rangkaian kegiatan,upacara pelepasan lomba napak tilas dan upacara ziarah rombongan di malam hari, malam keakraban dan sarasehan nilai-nilai juang 45 diesok harinya, dilanjutkan kirab pawai karnaval peringatan BBH,kemudian upacara puncak peringatan Berandan Bumi Hangus Kabupaten Langkat tahun 2018.

Dengan peserta terdiri dari siswa SLTP dan SLTA, masyarakat umum serta organisasi dan kontingen luar Kabupaten Langkat.Yang terdiri dari SLTP 35 regu, SLTA berjumlah 48 regu, peserta umum dan organisasi berjumlah 23 regu, peserta luar Kab Langkat berjumlah 8 regu berasal dari Kab Aceh Tamiang. Dengan total keseluruhan 115 regu dengan jumlah peserta 1150 orang,”.

Hadir dalam kegiatan tersebut Unsur Forkopimda Langkat, Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin MKEs MM, Ketua DPRD Langkat Surialam SE, Bupsti terpilih Terbit Rencana PA SE, Assisten II eksbangsoso Drs H Hermasyah, para pimpinan SKPD Pemkab Langkat, Camat se Langkat, keluaraga besar angkatan 45 dan legion veteran RI Kab Langkat, Ormas dan OKP Langkat, tokoh agama/masyarakat/pemuda, peserta napak tilas./ril/ref.