KPU Langkat Fasilitasi Pasien RS Nyoblos Pilkada.

Foto : Rapat kordinasi KPU Langkat,terkait persiapan akhir pemungutan dan perhitungan suara pilkada serentak 2018 Kab. Langkat di Stabat,Senin 25/6/2018

halKAhalKI.com, Stabat - Pasien dan keluarga pasien di rumah sakit tidak akan kehilangan hak politiknya dalam Pilkada Kab. Langkat maupun Pilkada Sumut 2018.  Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kab. Langkat menyediakan fasilitas tempat pemungutan suara (TPS) keliling atau TPS mobile di lingkungan rumah sakit. Hal ini dikatakan oleh Ketua KPU Kab. Langkat Agus Arifin, Senin (25/6/2018).

"Pada hari H pencoblosan, Rabu (27/6), kami menyediakan fasilitas TPS keliling (mobile) di lingkungan RS atau layanan rawat inap lainnya, seperti Puskesmas rawat inap, poliklinik atau rumah bersalin," kata Agus Arifin.

Teknis TPS keliling itu nanti, lanjutnya, petugas dari Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) terdekat fasilitas kesehatan itu bakal mendatangi lokasi. Sementara untuk pasien/keluarga pasien yang masih bisa berjalan kaki maka dianjurkan untuk datang langsung ke TPS terdekat dari lokasi rumah sakit dengan membawa form A-5.

KPPS yang didampingi pengawas dan saksi dari masing-masing pasangan calon bakal berkeliling sambil membawa surat suara dan kotak suara. Pasien maupun keluarga yang sedang menunggu pasien, katanya, kalau akan menyalurkan hak pilihnya cukup membawa formulir pindah pilih atau A-5 saja.

Nanti akan ada TPS mobile. Mereka bisa menyalurkan hak pilihnya di lokasi (RS). Ia mengaku saat ini KPPS sedang mendata di wilayah masing-masing apakah ada Faskes yang menyediakan layanan rawat inap. Faskes itu bisa berupa rumah sakit, Puskesmas, ataupun poliklinik. 

Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Kab. Langkat dalam Pilkada serentak 2018 sekitar 695.993 jiwa yang tersebar di 1.862 TPS di dua puluh tiga kecamatan. Dalam Pilkada kali ini, KPU juga menyiapkan surat suara khusus bagi tuna netra, yakni menggunakan huruf braile. Pilkada Kab. Langkat digelar bersamaan dengan Pemilihan Gubernur Sumut. Pilkada Kab. Langkat diikuti tiga pasangan calon, yakni pasangan Terbit Rencana PA-Ahmad Syah Afandin, Rudi Hartono Bangun-Budiono dan pasangan Sulistianto-Heriansyah. Sedangkan Pemilihan Gubernur Sumut diikuti dua pasangan calon, yakni pasangan Edi Rachmayadi-Musa Rajecksah dan pasangan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus./jan