Kompolnas Lihat Track Record dan Prestasi Calon Kapolri, Sebelum diserahkan ke Presiden

Anggota Kompolnas Poengky Indarti ./ist

Jakarta, hK2 |Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) sedang menyaring sejumlah nama pengganti Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis, yang akan masuk pensiun pada tanggal 1 Februari 2021. Nama-nama calon Kapolri itu, nantinya akan diserahkan kepada Presiden RI, Joko Widodo.

Saat dikonfirmasi, seorang Anggota Kompolnas Poengky Indarti mengaku, bahwa pada awal Desember lalu, pihaknya sudah menyelenggarakan beberapa focus group discussion (FGD) untuk mendapatkan masukan terkait kriteria yang lebih detail calon Kapolri.

Masukan tersebut diperoleh dari internal Polri, tokoh masyarakat, akademisi, organisasi media dan LSM, serta purnawirawan Polri yang diwakili Kapolri dan Wakapolri pada masanya.





“Kriteria itu sedang di saring berdasarkan pasal 11 ayat (6) UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia. Selanjutnya nama-nama itu akan disampaikan berdasarkan prestasi, track record dan integritas terbaik kepada Presiden,” kata Poengky, saat dikonfirmasi, pada Minggu (20/12/2020).

Diungkapkan Poengky Indarti, berdasarkan UU Nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia pasal 38 ayat (1) huruf b Kompolnas bertugas memberikan pertimbangan kepada Presiden dalam pengangkatan dan pemberhentian Kapolri.

Selanjutnya 1 2