KOHATI Minta Kadis Pendidikan Optimalkan Pendidikan di Langkat.

halKAhalKI.com, Stabat - Korps-HMI-Wati (Kohati) Langkat meminta Kepala Dinas Pendidikan Langkat lebih tuntaskan masalah masalah pendidikan di Kabupaten Langkat.

Hal ini dinyatakan Kohati Langkat kepada Kepala Dinas Pendidikan Langkat Syaiful Abdi saat bertemu diruang kerja Kepala Dinas Pendidikan Langkat yang baru terhitung bulan menjabat secara definitif tersebut.

Foto : Kepala Dinas Pendidikan Langkat Syaiful Abdi saat menerima Kohati Langkat di ruang kerjanya di Dinas Pendidikan Langkat. /dok Kohati Langkat.

Dalam pertemuan yang penuh kekeluargaan tersebut Kohati Langkat yang dikomandoi ketua Kohati Langkat Lailan Syafitri Siregar didampingi Sekretaris Kohati Langkat Citra Ananda, Aini Maimanah Master of Training Kohati, Mitha Husada dan peserta Latihan Khusus Kohati (LKK) tingkat nasional lainnya.

Dalam.pertemuan tersebut Kohati ungkapkan berbagai masalah yang terkait dengan pendidikan di Langkat kepada Kepala Dinas Pendidikan Langkat.

Sebagaimana yang dikatakan Lailan Syafitri Siregar Ketua Kohati Langkat kepada halKAhalKI.com. "Banyak Guru yang belum menguasai 4 kompetensi Guru yaitu pedagogi,profesional,kepribadian dan sosial disamping itu masih ada diskriminasi terhadap fresh graduate atau yang baru selesaikan pendidikannya".

Lanjut Lailan, "kesejahteraan Guru juga harus diperbaiki terutama Guru Guru Honor di tingkat SD, Madrasah maupun pendidikan usia dini juga sarana dan prasarana yang harus segera diperbaiki atau ditingkatkan sesuai tuntutan perkembangan dunia pendidikan".

Aini Maimanah selaku Master of Training LKK Kohati mengaminkan hal tersebut dan menambahkan,"banyak persoalan pendidikan yang membutuhkan peran serta semua pihak termasuk pemerintah daerah dalam hal Dinas Pendidikan diantaranya penambahan pendidikan Kejuruan dan kebutuhan pendidikan tinggi yang berkualitas di Langkat tidak bisa di tawar lagi mengingat besarnya minat dan lonjakan lulusan Sekolah Menengah Atas maupun Sekolah Menengah Kejuruan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggi."

Selain itu lanjut Aini, "Dinas Pendidikan juga harus meningkatkan sdm (sumber daya manusia) para Guru yang pelaksanaannya gratis atau disubsidi Pemkab Langkat, juga perhatian Pemkab Langkat terhadap pendidikan di daerah pesisir pantai Langkat harus lebih ditingkatkan kalau perlu lakukan penekanan agar optimal dan dirasakan secara nyata pendidikan gratis di daerah daerah tersebut dan jangan lupa membantu Mahasiswa berprestasi asal Langkat dengan pemberian beasiswa yang transparan.".

Pada waktu yang berbeda Kepala Dinas Pendidikan Langkat Syaiful Abdi mengatakan kepada halKAhalKI.com melalui pesan singkatnya, " bagus.... adek2 Kohati hanya memberi masukan utk dunia pendidikan Langkat..../ref.