Ketua KPU Langkat, Sortir dan Lipat Surat Suara Pemilu Ditunda 2 – 3 hari.

Ketua KPU Langkat,Sopian Sitepu

halKAhalKI.com, Langkat - Terhentinya penyortiran dan pelipatan surat suara pemilu 2019 yang dilaksanakan KPU Langkat di Gedung Olahraga (GOR) |Stabat, Selasa (19/3/2019) pagi. yang membuat ratusan warga yang didominasi kalangan ibu ibu kecewa dan kembali kerumah masing masing.

Tidak terlaksananya penyortiran dan pelipatan surat suara yang telah berlangsung dari Jum'at (8/3/2019).

Terkait hal tersebut kembali Ketua KPU Kabupaten Langkat menjelaskan kepada halKAhalKI.com melalui hubungan seluler dan pesan singkatnya, Senin, 19/3/2019 malam.

Ketua KPU Kabupaten Langkat mengatakan,"kegiatan sortir lipat surat suara pemilu tahun 2019 ditunda sementara waktu karena KPU Langkat melakukan evaluasi proses sortir lipat."

Lanjut Sopian Sitepu,"melakukan rekap jumlah surat suara yang telah di sortir dan lipat guna memastikan surat suara yang rusak atau cacat. Penundaan Kegiatan sortir lipat surat suara ini diperkirakan hanya 2 atau 3 hari kedepan."

BACA JUGA :

Anggaran Tak Cair, KPU Langkat Berhentikan Sortir dan Lipat Surat Suara

"Hal ini tidak mengganggu tahapan pemilu yang ada. Karena disela itu kita juga melakukan sortir logistik yang lain, seperti formulir-formulir yang sudah tiba di Kabupaten Langkat. KPU Langkat memastikan persiapan logistik pemilu 2019 berjalan lancar dan tetap berkoordinasi dengan Bawaslu kabupaten Langkat,"ungkap Ketua KPU Langkat lebih rinci.

Sebelumnya Ketua KPU Kabupaten Langkat saat dikonfirmasi halKAhalKI.com di kantornya (Senin, 19/3/2019 siang), membenarkan penyortiran dan pelipatan surat suara lanjutan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) daerah pemilihan Sumatera Utara dikarenakan anggaran.

Dari informasi yang dirangkum halKAhalKI.com diketahui setiap hari penyortiran dan pelipatan surat suara yang melibatkan 250 orang warga yang terbagi kedalam 25 tim menghabiskan anggaran hingga mencapai Rp.30 juta yang digunakan untuk upah penyortiran dan pelipatan surat suara dan kebutuhan lainnya ./ref