Kembangkan Tanaman Porang. Bupati Sergai Soekirman, Nilai Jual Porang Cukup Bagus

Optimis kembangkan tanaman Porang, Bupati Serdang Bedagai Soekirman selaku Ketua Perhiptani Sumut dan Dewan UKM Labura, Kamis (11/2/2021)

Serdang Bedagai, hK2 | Bupati Serdang Bedaga Soekirman selaku Ketua Perhiptani Sumut dan Dewan UKM Labura optimis kembangkan tanaman Porang sebagai salah satu tanaman komoditi ekspor di Serdang Bedagai saat menerima Kunjungan Dewan UKM Labura bertempat di Rumah Kediaman Bupati Jalan Coklat II Kelurahan Batang Terap Kecamatan Perbaungan Sergai, Rabu sore (10/2/2021)

Dalam kunjungan ini Bupati Sergai Soekirman selaku Ketua Perhiptani Sumut menyambut baik kedatangan Dewan UKM Labura yang memilih Kabupaten Serdang Bedagai sebagai salah satu daerah pengembangan tanaman Porang. Dimana tanaman Porang tersebut memiliki nilai jual pasar yang cukup bagus, dan tidak membutuhkan tapak yang luas untuk menanamnya", ujarnya.

Sebut Soekirman, pada tahun 1995 lalu dengan Botta Indonesia kerjasama dengan pengusaha Cina Malaysia pernah mengembangkan tanaman keladi untuk memenuhi pasar ekspor Malaysia. Untuk mencapai target itu mulailah kami menanam keladi. Namun sayangnya umbi keladi yang dihasilkan tersebut banyak dimakan ulat", ungkapnya.

Sambungnya lagi, sekarang ini ditengah double disrupsi kita harus jeli melihat peluang pasar untuk memasarkan produk yang kita miliki agar laku terjual. Sektor pertanian dan ekonomi kreatif menjadi salah satu sektor yang mampu bertahan ditengah masa pandemi saat ini. Langkah yang baik telah dilakukan UKM Labura yang melirik tanaman Porang menjadi komoditi ekspor untuk memenuhi pasar luar negeri", terangnya.

Selanjutnya 1 2