Kedan Kedan Forum (KKF) Diskusikan Perlindungan Korban Anak Dalam Sistem Peradilan Anak

Foto : Dr Abdul Hakim Siagian SH,MH saat menyampaikan pemikirannya dalam FGD Kedan Kedan Forum di Stabat,Jum'at 7/9/2018/ dok foto hK2

halKAhalKI.com, Langkat - Diskusi Kelompok Terarah atau Focus Group Discussion (FGD) yang di gelar Kedan-Kedan Forum (KKF) berlangsung di Wedang Kopi,Jum'at 7/9/2018.

Diskusi kelompok terarah FFK menyoroti Perlindungan Korban Anak Dalam Sistem Peradilan Anak, FGD yang diikuti oleh DR. Abdul Hakim Siagian,SH,MH praktisi hukum dan Dosen FH Hukum USU, Medan, Hakim Anak Pengadilan Negeri Stabat, DR. Syaiful Abdi,SH Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Langkat,Koordinator P2TP2A Langkat Ernis Syafrin Aldin, Unit Perlindungan Perempuan dan Anak, pengiat Hak ANAK Kabupaten Langkat,MUI Langkat, Tokoh Pemuda, Partai Politik dan organisasi kemasyarakatan yang ada di Kabupaten Langkat.

Diskusi berlangsung santai dan intraktif dan mengupas berbagai kendala dalam Perlindungan Korban Anak Dalam Sistem Peradilan Anak berdasarkan undang undang nomor 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Anak dan Undang Undang Perlindungan ANAK.

Praktisi hukum Abdul Hakim Siagian mengajak berbagai elemen masyarakat berperan aktif dalam persoalan pemenuhan hak anak,"ayo bergerak, mari kita membangun persepsi yang sama untuk memperjuangkan ini (anak sebagai korban Dalam Sistem Peradilan Anak,red) agar ada alokasi anggaran APBD untuk berbagai hal yang kita perbincangkan ini. Untuk memaksimalkan pencegahan."

Lanjut Hakim Siagian," untuk hal itu tepatnya seluruh stakeholder holder ada disini, yang punya tanggung jawab terhadap hal yang kita perbincangkan ini untuk memaksimalkan pencegahan. Karena begitu banyak motif bisa terjadi pertama dalam spectrum global karena tidak ada penomena apapun tanpa adanya korelasi," terang Wakil Ketua pimpinan Muhammadiyah Sumatera Utara ini.

Sementara Kedan Kedan mengatakan acara digagas sebagai bentuk keprihatinan akan tingginya kasus kekerasan dan pencabulan serta lambatnya penanganan perkara terhadap anak yang terlibat hukum di Kabupaten Langkat.

Kita disini datang dari berbagai kalangan yang berbeda latar belakang seperti Jurnalis, Praktisi hukum, LSM, Pengamat Politik, Pengerak sosial,pengurus partai politik, dan pemuda. “ Ujar Reza Fadli Ibrahim Lubis salah satu pengagas FGD KKF./top