Kapoldasu : Polisi Tidak Pernah Kriminalisasi Ulama

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto

halKAhalKI.com, Medan- Kepolisian tidak pernah lakukan kriminalisasi ulama.Hal tersebut disampaikan Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto dalam menanggapi sejumlah ulama yang diperiksa saat ini terkait dugaan kasus makar, di warkop jurnalis Jalan Agus Salim Medan saat berbuka puasa bersama jurnalis,Selasa (28/5/2019).

“Kita tak pernah melakukan diskriminasi terhadap ulama, yang ada adalah memeriksa terhadap perbuatan yang melanggar hukum. Ada aturan hukum yang dilanggar, bagi kami siapapun dia tidak melihatnya kalau bersangkutan melakukan pidana,”kata Kapolda Sumatera Utara tersebut.

Polda Sumatera Utara tidak gegabah dalam memeriksa sejumlah tokoh dan ulama saat ini, hal ini ditegaskan orang nomor satu di Polda Sumatera Utara yang didampingi Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja.

“Kita fokus melihat tokoh-tokohnya dulu, karena kasihan masyarakat atas perbuatan mereka sehingga banyak yang lain terganggu padahan sesuatu yang disajikan itu belum tentu kebenarannya,”ujarnya seraya menyampaikan di negara ini ada aturan dan intrumennya, ikuti saja aturan itu,tegas Kapolda Sumatera Utara.

Terkat penangguhan penahanan, Kapoldasu mempersilakan keluarga yang bersangkutan mengajukan penangguhan penahanan.”Silakan lakukan penangguhan nanti dipertimbangkan baik pertimbangan objektif atau pertimbangan subjektif,”katanya. seraya menjelaskan pertimbangan obyektif adalah yang mengharuskan penyelidik melakukan penahanan, sedangkan subyektif apakan yang bersangkutan mengulangi perbuatannya dengan menghilangkan bukti atau tidak./ck