Kadis PUPR Langkat Kaget. Jalan Menuju RSU Tanjung Pura, Mengintai Korban.

Intai Korban. Salah satu lubang yang berada di badan jalan Khairil Anwar Tanjung Pura Kabupaten Langkat, Selas (4/8/2020).

Langkat, halKAhalki.com | Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Langkat, Subiyantom SE mengaku terkejut kepada jurnalis yang mengkonfirmasinya terkait rusaknya jalan Khairil Anwar Tanjung Pura yang merupakan jalan arteri melewati RSU Tanjung Pura dan Pasar (pajak) baru Tanjung Pura, Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat.

Dirinya merasa terkejut atas kondisi jalan menuju RSU Tanjung pura, sembari berkata, "tunggu lah kita lihat di R,,, dan jika di R (R-APBD,red) tidak ada maka kita coba di P (P-APBD,red) dan jika di P juga tidak ada, maka terpaksalah di R lagi, yakni awal tahun 2021 nanti," kata Subiyanto

Sebelumnya pantauan jurnalis, kondisi jalan Khairil Anwar tersebut sangat riskan bahaya terhadap pengguna jalan, hal ini dikarenakan pada beberapa badan jalan tersebut menganga lubang hingga mencapai kedalaman 40 centi meter,

Kondisi jalan tersebut sagat mengancam jiwa pemakai jalan, utamanya pengendara sebut salah seorang warga bernama Zailani (53), Selasa (04/8/2020).

"Bahkan dari simpang iblis menuju pajak Tanjung pura terlihat kondisi badan jalan sudah sangat memprihatinkan, jika musim penghujan semua lubang tergenang air sehingga susah dilintasi pengendara sepeda motor dan pejalan kaki," kata Zailani.

Jalan tersebut akses satu satunya bgai warga Kabupaten Langkat jika hendak berobat ke RSU Tanjung Pura ditambah lagi, jalan Khairil Anwar merupakan jaluar alternatif yang ramai dilintasi jika hendak menuju Pangkalan Brandan maupun menuju Aceh.

Dan jika musim kemarau tiba, badan jalan yang ber lubang tersebut jika dilalui berdebu, dapat mengganggu kesehatan terutama pernapasan warga yang bermukim di sisi jalan tersebut,. Kondisi ini semakin berbahaya jika malam hari karen dikhawatirkan pengguna jalan terutama sepeda motor akan terjebak pada lubang lubang tersebut dikarenakan tidak terlihat pengendara.

Beberapa warga setempat juga meminta perhatihan serius Pemerintah Kabupaten Langkat terhadap kondis jalan Khairil Anwar dan segera memperbaikinya.

Aldi (39) yang sehari hari nya melintas dijalan tersebut,mengaku sangat kecewa terhadap Pemerintah Kabupaten Langkat, yang dinilai tidak memberikan perhatian khusus terhadap jalan yang pada rusak,

"Jalan Khairil Anwar ini adalah jalan satu satunya yang digunakan masyarakat menuju rumah sakit dan menuju pajak Tanjung pura, dan jalan ini juga kerap dilalui mobil ambulan membawa orang sakit dari beberapa kecamatan kecamatan lain yang ada di Kabupaten Langkat," sebut Aldi, /ref