Kabar Baik. Pohon Eukaliptus Efektif Bunuh Virus Corona

Jakarta, halKAhalKI.com | Tanaman Pohon Eukaliptus, dilaporkan memiliki efektifitas yang tinggi untuk membunuh virus Corona.

Dari hasil uji yang dilakukan pada media buatan dengan menyesuaikan lingkungannya atau dikenal uji in vitro menunjukkan bahwa 60-80 persen virus Corona dapat mati dengan pohon yang sebenarnya cukup mudah ditemukan di Indonesia.

"Hasil penelitian terakhir, untuk eukaliptus sudah sampai molecular docking, mencocokkan ke virus, diuji in vitro 60 hingga 80 persen virusnya mati,” kata Kepala Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) Kementerian Pertanian, Evi Safitri, ketika berbicara dalam webminar Rempah-rempah, Pengetahuan Medis dan Praktik Kesehatan di Indonesia yang digelar Ditjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta, pada Selasa (5/5/2020).





Namun Evi menegaskan, bahwa virus corona yang diuji dalam penelitian itu bukan virus yang menjadi penyebab penyakit Covid-19. “Kami coba ke virus Corona lain,” ujarnya.

Evi menjelaskan penambatan molekul atau molecular docking merupakan metode komputasi yang bertujuan meniru peristiwa interaksi suatu molekul ligan dengan protein yang menjadi targetnya pada uji in vitro.



Selanjutnya 1 2

Komentar

Loading...