Kabaharkam Polri: Di Mana Pun Kita Bertugas Harus Menjadi Solusi di Masyarakat

Kabaharkam Komjen Pol Agus Andrianto memaparkan materinya dalam Rapim Polri 2021 di Mabes Polri, Rabu, (17/2/2021).dok

Jakarta, hK2 | Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto kepada Kepala Satuan Kewilayahan (Kasatwil : Kapolda dan Kapolres) dalam Rapim Polri 2021, mengatakan di manapun personil Polri bertugas harus menjadi solusi bagi masyarakat.

"Prinsipnya, di mana pun kita bertugas harus menjadi solusi di masyarakat, bukan menjadi trouble maker di masyarakat," tegas mantan Kapolda Sumatera ini.

Sebelumnya, dipaparkan Kabaharkam Polri, Komjen Pol Agus Andrianto kepada peserta Rapim Polri 2021 di Mabes Polri, Rabu, (17/2/2021). Sedikitnya ada 4 tantangan yang dihadapi Baharkam Polri dan jajaran pada tahun 2021 di dalam materinya 'Strategi Baharkam Polri Menuju Transformasi Polri yang Presisi Melalui Pergelaran Pasukan Guna Mendukung Penanggulangan COVID-19 yang Paripurna Dalam Rangka Terwujudnya Harkamtibmas Kondusif Tahun 2021," .

Pertama, kesiapan Baharkam Polri dalam mendeteksi, memprediksi, dan mengantisipasi tantangan situasi keamanan dalam negeri yang dihadapi tahun 2021 dan dampak pandemi COVID-19 di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan.

Kedua, penggelaran sumber daya manusia (SDM) Baharkam Polri dalam mengamankan kegiatan vaksinasi secara nasional dengan dukungan Sarpras yang memadai. Ketiga, kesiapan Baharkam Polri dalam mengantisipasi gangguan Kamtibmas terkait kalender kegiatan nasional 2021 (PON Papua, MotoGP Mandalika, dan lainnya) serta antisipasi bencana alam, Karhutla, pasca Pilkada, dan isu strategis lainnya.

Dan keempat, pemantapan kinerja pemeliharaan Kamtibmas dengan mengedepankan pemolisian prediktif dan penguatan partisipasi dalam skema masyarakat informasi di ruang siber (Society 5.0), serta modernisasi peran dan fungsi Bhabinkamtibmas.

Selanjutnya 1 2