Jeruk Yuraica Asal Australia Dikembangkan di Langkat

Langkat - halKAhalKI.com, Jeruk lemon bentuk lonjong atau disebut jeruk Yuraica tanpa biji asal Australia saat ini sudah berhasil dikembang biakkan di Kabupaten Langkat Sumatera Utara. Tempatnya, dipenangkaran holtikultura milik Suparno alias Parno (46) di perkampungan Babussalam Dusun 2 Hulu Besilam Desa Besilam Kecamatan Padang Tualang, Langkat.

Menurut Parno kepada halKAhalKI.com, Sabtu (20/1/2018), bibit jeruk lemon Yuraica semula dibelinya dari petani di Kota Binjai yang memiliki beberapa pohon jeruk Yuraika.

"Profesi saya sebagai pembudidaya jenis tanaman, pengembangan bibit mulai dari cakukan, stek batang, okulasi, dan penyambungan batang". Kerja saya mencari tahu tanaman yang semula dari luar negeri. Kebetulan di Binjai ada yang tanam jeruk Yuraica ini, lalu saya beli dan saya tanam, dengan perawatan khusus, pohon ini subur dan bisa saya kembangkan, kata Parno.

Lambat laun dari pengembangan bibit yang saya budidayakan, ternyata banyak minat petani untuk membeli. Sehingga jeruk jenis Yuraica ini pun menjadi iceran petani yang ingin mencoba menanam jeruk lemon.

"Dari situlah timbul kemauan mengembangkan bibit jeruk Yuraica untuk memenuhi permintaan konsumen". Jeruk bola atau jeruk bali siam asal Thailand, kelapa pandan wangi, kelapa hybrida, kelapa kapal, matoa, mangis dan bibit kopi Ateng juga kita budidayakan untuk pasar lokal. Dan tentang harga tergantung usia dan ketinggian bibit, kata Parno lagi./mis