Jelang HUT Kabupaten Langkat Ke 269, Kota Stabat Gagal Raih Adipura Tahun Ini

Foto : Donny Setha / dok hK2 foto

halKAhalKI.com, Langkat - Menyambut ulang tahun Kabupaten Langkat ke 269 tanggal 17 Januari 2019 yang akan datang,didapat kabar Kabupaten Langkat gagal meraih penghargaan Adipura.

Kepastian tidak diraihnya penghargaan Adipura untuk kategori kota kecil oleh kota Stabat diperoleh halKAhalKI.com dari Donny Setha Wakil Ketua DPRD Langkat di ruang kerjanya di DPRD Langkat,Selasa 15 Januari 2019.

Gagalnya Kabupaten Langkat dengan Kota Stabatnya meraih Adipura kategori kota kecil diluar tradisi yang selama ini berlangsung dimana hampir setiap tahun Kabupaten Langkat sukses meraih penghargaan di bidang lingkungan hidup tersebut.

"Dari catatan kita Kabupaten Langkat telah meraih 10 kali piala Adipura, namun untuk kali ini kita gagal meraihnya", tutur Donny Setha Wakil Ketua DPRD Langkat denan nada kecewa.

Donny Setha juga menyatakan gagalnya Adipura diraih merupakan gambaran bahwa pengelolaan lingkungan hidup di Kabupaten Langkat khususnya Stabat ibukota Kabupaten tidak baik. Hal ini perlu menjadi evaluasi bagi
Bupati Langkat beserta instansi terkait untuk melakukan perbaikan tata kelola lingkungan.

"Bukan hanya karena ada penghargaan Adipura, tetapi ini kewajiban, Karena didalam UU
nomor 32 tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, pada pasal
3 ayat g. dinyatakan : Perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup bertujuan : menjamin pemenuhan dan perlindungan hak atas lingkungan hidup sebagai bagian dari hakasasi manusia."

"Dari hasil kunjungan reses saya di wilayah Brandan juga banyak masyarakat menyampaikan terkait pengelolaan lingkungan dan pengelolaan sampah di pasar di Brandan yang kurang baik. Hal ini perlu menjadi perhatian kita bersama.DPRD Langkat tahun ini telah menghasilkan beberapa Peraturan Daerah yang diantaranya adalah Perda tentang Pengelolaan Sampah Terpadu," jelas Wakil Ketua DPRD Kabupaten Langkat tersebut.

Sebagaimana di ketahui penghargaan Adipura adalah sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan.

Penilaian Adipura diselenggarakan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Penghargaan ADIPURA tahun ini diserahkan di Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada 146 penerima di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Senin,14 Januari 2019. /ref