Ini Isi Surat Edarannya. Kapolri Jendral Listyo Minta Penyidik Kedepankan Restorative Justice dalam Pekara UU ITE

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo./ist

Jakarta, hK2 | Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menerbitkan Surat edaran (SE) dengan nomor: SE/2/11/2021 tentang Kesadaran Budaya Beretika untuk Mewujudkan Ruang Digital Indonesia yang Bersih, Sehat, dan Produktif. SE ditandatangani Kapolri ,Jumat (19/2/2021) lalu.

Surat edaran yang berfokus pada penerapan UU Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). SE, berisikan meminta penyidik Kepolisian mengedepankan restorative justice dalam penyelesaian perkara.

Kapolri juga meminta penyidik memprioritaskan langkah damai dalam menyelesaikan kasus yang berkaitan dengan laporan dugaan pelanggaran UU ITE.

"Penyidik berprinsip bahwa hukum pidana merupakan upaya terakhir dalam penegakan hukum (ultimatum remidium), dan mengedepankan restorative justice dalam penyelesaian perkara," bunyi surat itu.

"Terhadap para pihak dan/atau korban yang akan mengambil langkah damai agar menjadi bagian prioritas penyidik untuk dilaksanakan restorative justice terkecuali perkara yang bersifat berpotensi memecah belah, SARA, radikalisme, dan separatisme," lanjut surat edaran itu.

Selanjutnya 1 2 3

Komentar

Loading...