Hampir Pasti TRP dan RHB Bersaing di Pilkada Langkat.

Ilustrasi/google

halKAhalKI.com- Stabat : Pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati Langkat yang dilaksanakan KPU Langkat dalam beberapa bulan. akan dibuka.

Dalam kurun waktu sebelum tahun 2017 hingga saat ini masyarakat Langkat di suguhi nama nama beken yang berseliweran dan menyatakan diri akan mengikuti kontestasi pemimpin Langkat yang bertarung di Pilkada 2018.

Dari banyak nama yang mendeklarasikan diri sebagai bekal calon (balon) Bupati Langkat hanya dua nama yang hampir nyata maju dalam perebutan "mahkota" pemimpin Langkat.Hal ini didasari dari hitung hitungan kursi partai yang diklaim mendukung balon Bupati Langkat.

Dua yang dinilai berpeluang besar bertarung di Pilkada Langkat adalah Terbit Rencana PA dan Rudi Hartono Bangun.

Terbit Rencana PA (TRP) yang diusung Partai Golongan Karya (Golkar) dengan kekuatan 11 kursi DPRD Langkat ditambah 2 Partai yang disebut sebut merekomendasi TRP, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan 3 kursi DPRD Langkat dan Partai Bulan Bintang (PBB) yang memiliki 2 kursi di DPRD Langkat.

Dengan dukungan 16 Kursi DPRD Langkat membuat TRP melangkah mulus mendaftar dan menjadi peserta Pilkada Langkat.Ketua DPRD Kabupaten Langkat ini juga disebut-sebut sudah direkomendasi oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Disisi lain Rudi Hartono Bangun (RHB) kader Partai Demokrat ini baru saja mendapat restu dari Partai Kesejahteraan Sosial (PKS). Sesuai dengan surat rekomendasi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) nomor : 001/D/REKOM/BPW 1- PKS /X /2017, tentang Calon Bupati Pilkada Kabupaten Langkat priode 2018-2023 tertanggal 29 September 2017.

Jika benar dukungan 3 kursi DPRD Langkat dari PKS kepada Rudi Hartono Bangun ditambah Partai Demokrat dengan 10 kursi DPRD Langkat yang mendukung penuh Rudi kadernya,otomatis 11 kursi menjadi kendaraan Rudi menuju Bupati Langkat.

Surat rekomendasi dari PKS dibenarkan oleh Kader PKS Kabupaten Langkat Makhruf Ritonga, saat dihubungi jurnalis via selularnya. "Iya begitulah adanya mas," kata Makhruf, singkat.

Diakui anggota DPRD Langkat ini, kalau dirinya selaku kader siap mensukseskan dan mendukung surat rekomendasi PKS itu. "Insha Allah kader PKS, siap menyukseskan dan mendukung rekomendasi DPP PKS," sebut dia.

Dirinya menyarankan, jika ingin konfirmasi lebih lanjut mengenai dukungan PKS. Diharapkan langsung menghubungi ketua DPD PKS Kabupaten Langkat. "Untuk konfirmasi yang lebih jelas, bisa langsung aja ke ketua DPD mas," saran dia sembari mengirim nomor ketua DPD PKS.

FOTO : Surat dukungan PKS kepada Rudi Hartono Bangun.

Terpisah Ketua DPD PKS Ganda, saat dihubungi via selularnya tidak membantah adanya surat rekomendasi dukungan kepada H Rudi Hartono Bangun. "Iya betul, tuh dari DPP," jelasnya singkat.

Disinggung kira-kira apa yang membuat PKS jatuh hati ke H Rudi Bangun bg???. Dan disinggung apakah kalau tuk anggota sendiri dilapangan, siap kira2 dukung H Rudi Bangun???. Dirinya malah memilih diam seribu bahasa dan tak membalas whats upps.

Diwaktu yang berbeda Ketua PBB Langkat Muhammad Bahri menyatakan PBB.mendukung TRP,"benar mendukung Cana (panggilan akrab TRP) dan sudah ada surat penunjukan dari DPP (PKB,red) ".

Saat ditanya pengertian suar penunjukan tersebut, Bahri mengatakan "itu keluar kemarin karena wakilnya dan ada syarat yang harus dipenuhi bang Cana, itu DPP yang menentukan".

Ketika ditanya kemungkinan berubah dukungan PBB,Bahri menegaskan " hanya Al Qur'an yang tidak boleh dirubah kalau yang lain kita lihat aja nanti bang".

Sementara itu beberapa nama  masih menunggu peruntungan dukungan dari parpol lainnya dan dukungan dari masyarakat Langkat sebesar 7,5 persen dari daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Langkat,untuk maju di ajang Pilkada Langkat 2018 dari jalur perseorangan. Nama tersebut antara lain Syah Afandi alias Ondim, Irham ST dan Ahmad Zaidnur serta Prof Djohar Arifin juga Abdul Karim, Sulistiono,/ref.