Gus Sholah Diantar Ribuan Orang ke Peristirahatannya yang Terakhir

Ribuan orang antar KH Salahadin Wahid ke peristirahatannya yang terakhir, Senini (3/1/2020)/int

Jombang, halKAhalKI.com |Ribuan orang lepas KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah tokoh Nahdlatul Ulama (NU) ke peristirahatannya yang terakhir di kompleks pemakaman keluarga di Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur,sekitar pukul 14.00 WIB Senin (3/2/2020) .

Sebelumnya dilaksanakan sholat jenazah pengasuh pesantren Tebuireng tersebut yang berada didalam keranda berbalut kain warna hijau lengkap dengan kalimat tauhid di masjid Tebuireng dengan imam sholatnya KH Fahmi Amrullah.





Usai pelaksanaan sholat jenazah mantan Wakil Ketua Komnas HAM tersebut, jenazah Gus Sholah diusung ke lokasi pemakaman keluarga yang tepat berada di belakang pesantren.Ribuan petakziah meneteskan air mata, mereka juga berebut memegang keranda jenazah tersebut. Baik santri maupun petakziah seakan tidak rela ditinggal Gus Sholah untuk selamanya.

Liang lahat yang disiapkan untuk Gus Sholah persis berjarak 3 meter dari Makam KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Sebelum pemakaman dilakukan prosesi pemakaman dipimpin oleh KH Masduki Abdurrahman Al Hafidz, pengasuh PPTQ (Pondok Pesantren Tanfidzil Quran) Perak, Jombang. beberapa tokoh memberikan sambutan pelepasan, di antaranya Menkopolhukam Mahfud MD, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, serta Ketua PP Muhammadiyah Haidar Nasir.

Selanjutnya 1 2