Disperindag Langkat : Menjelang Lebaran Harga Bahan Pokok Stabil

halKAhalKI.com,Stabat -  Menjelang hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439  harga kebutuhan sejumlah bahan.pokok di Langkat Stabil, hal ini berbeda pada bulan puasa tahun lalu. Biasanya menjelang puasa dan lebaran, harga sejumlah bahan pokok mengalami kenaikan. Ketersediaan bahan pangan kerap kali juga sulit didapatkan.

Hal tersebut terjadi dikarenakan  Dinas Perindustrian dan perdagangan d (Disprindag) Kabupaten Langkat bekerjasama dengan TPID melakukan upaya antisipasi jauh-jauh hari sebelum bulan Ramadhan tiba. 

Sebagaimana diungkapkan Kepala Seksi Perdagagangan Dalam Negeri Disprindag , Syahrul kepada halKAhalKI.com, harga kebutuhan pokok menjelang ramadhan dan lebaran ini cenderung stabil, bahkan dibeberapa tempat mengalami penurunan. "Pemantauan kami di pasar Pangkalan Brandan malah terjadi penurunan dari harga yang semula Rp. 15.000 menjadi Rp. 12.000. Hal ini terjadi karena banyaknya pasokan dari petani cabai yang membanjiri pasar kab. Langkat, sehingga teori Supply and demand itu terjadi," tuturnya.

Hal ini dikuatkan  Ria Kasi Pengadaan dan Penyaluran Bahan Pokok Disperindag Kabupaten Langkat. Ia menyatakan ada satu komoditi yang saat ini mengalami kenaikan yaitu tepung kanji, dari harga yang sebelumnya Rp. 8.000, menjadi Rp 11.000. 

"Salah satu strategi yang dikeluarkan pada saat terjadi kenaikan harga pangan adalah melaksanakan pasar murah atau operasi pasar. Namun untuk saat ini dirasa belum perlu karena harga masih cenderung stabil" jelas Ria yang mendampingi Syahrul di Kantor Disprindag Langkat.

Selanjutnya  Sahrul menyatakan,untuk rencana operasi pasar pihaknya mendapat informasi bahwa Dinas Perekonomian bekerjasama dengan Pertamina akan melaksanakan operasi pasar gas LPG dalam waktu dekat mengingat beberapa daerah di Kab. Langkat mengalami kelangkaan gas LPG./jan