Direktur P3S, Jerry Massie : Tiga Nama Berpeluang Besar Menjadi Kapolri

Ilustrasi. (Personil Polres Langkat dalam Korps Rapor kenaikan pangkat. / dok foto hK2)

Jakarta, hK2 | Menjelang berakhirnya masa jabatan Jendral Polisi Idham Azis sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) pada bulan Januari 2021 yang akan datang. Sejumlah nama mulai muncul dalam bursa orang nomor satu di Korps Bhayangkara tersebut.

Nama nama yang diprediksi akan menjadi Kapolri setelah Jendral Idham Azis tersebut di mulai dari perwira tinggi Polri bintang dua hingga bintang tiga.

Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie menilai dari sejumlah perwira tinggi (PATI), ada tiga nama memiliki peluang cukup besar untuk duduk sebagai Kapolri.

“Wakapolri saat ini, Komjen Pol Gatot Edy Pramono, punya peluang 50 persen, sedangkan Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo peluangnya 30 persen serta Kabaharkam Komjen Pol Agus Adrianto peluangnya 20 persen,” sebut Jerry.

Memang satu nama yang bisa melejit, yakni Komjen Boy Rafli Amar yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), beliau dekat dengan Megawati.

Ada juga yang bakal membuat kejutan, seperti dideretan bintang dua terdapat nama Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sujana, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Lutfi dan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Fadil Imran.

Selanjutnya 1 2