Di Langkat, Diduga Ada PAUD Tidak Aktif Tapi Terima Dana BOP

Ilustrasi./net

halKAhalKI.com, Langkat| Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) setiap tahunnya di salurkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Dinas Pendidikan yang ada di seluruh Indonesia.

Bantuan pun diberikan berdasarkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Lalu, bagaimana jika ada PAUD penerima BOP namun PAUD tersebut sudah tutup. Apakah boleh dana BOP PAUD itu diberikan?. Inilah yang diduga terjadi di Kecamatan Gebang, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Pasalnya, ada PAUD diduga sudah tutup namun tetap mendapat dana BOP PAUD.

Adalah PAUD A, KB S dan TPQ S. Keduanya diduga sudah tutup namun tetap mendapat dana BOP PAUD. "Gak nampak aktifitas lagi disitu bang. Dah lama itu," kata sumber kepada halKAhalKI.com lewat pesan di aplikasi perpesanan, Minggu (12/02/2023).

Sementara, Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Kabupaten Langkat Mustawadiah kepada jurnalis melalui pesan singkat aplikasi perpesanan mengatakan seperti ini. "Kalau yang saya tau S baru tahun ajaran ini tidak ada murid, tapi gak tau juga kalau tahun depan buka lagi jika ada murid. Begitu juga dengan A, info yang saya dapat muridnya sedikit kali jadi terkesan seperti tidak ada pembelajaran," sebutnya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Langkat Syaiful Abdi, ditanya apakah Dinas Pendidikan Kabupaten Langkat tidak melakukan cek dan ricek kepada setiap penerima BOP PAUD?. Ia malah menjawab seperti ini. "Setau saya dinda, semua itu sudah by sistem secara aplikasi yang mana yang boleh dapat BOP, melalui data dapodik secara online dinda. Gak mungkin kalau sudah tutup dapat lagi BOP dinda," sebutnya lewat aplikasi perpesanan, tanpa merinci PAUD mana saja yang telah terdata di dapodik.

Selanjutnya 1 2

Komentar

Loading...