Di Langkat Ada Siswa Belajar di Lantai

halKAhalKI.com - Langkat : Di tengah euforia Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Langkat yang berbarengan dengan Pilkada Sumatera Utara.Kondisi mengenaskan terlihat di SDN 050676 Kebun Balok Kecamatan Wampu Kabupaten Langkat,hampir semua ruang belajar butuh perbaikan dan diantaranya ada yang rusak berat.

Kelas kelas tersebut sampai saat ini masih dipergunakan untuk kegiatan belajar mengajar siswa dan Guru SDN.

Informasi yang dirangkum halKAhalKI.com dari berbagai sumber menyatakan kondisi tersebut sudah berlangsung lama,"sederet bangunan kelas (SDN 050676 Kebun Balok Wampu,red) rusak,3 kelas rusak berat bang ada yang sengnya tak ada dan siswa belajar dilantai",tutur Hermansyah staf KUPTD Pendidikan dan Pengajaran Kecamatan Wampu kepada halKAhalKI.com Selasa 11/9/2017.

Diwaktu yang berbeda Yayuk Sri Rahayu operator komputer di SDN 050676 Kebun Balok membenarkan kondisi beberapa ruang  kelasnya,"dah lama kondisinya seperti itu (rusak berat,red) pak,kelas nya ada 6 yang tidak bisa di gunakan ada 3 kelas pak dan saat ini gudang sekolah kami gunakan sebagai kelas pak".

Terkait upaya Sekolah memperbaiki ruang kelas yang rusak,Yayuk mengatakan "setiap tahun kami ajukan proposal perbaikan (ke Dinas Pendidikan Langkat,red) pak tapi sampai sekarang kelas kelas masih rusak itu belum pernah menerima bantuan DAK Pendidikan".

SD Negeri yang mendidik 73 siswa dengan 6 rombongan belajar (rombel) kelas 1 sampai dengan kelas 6 ini memiliki 5 orang guru dan 1 tenaga honorer ini menerima bantuan Biaya Operasional Siswa (BOS) dan Bantuan Siswa Miskin (BSM) untuk 13 orang siswa.

Baca juga :
Besok Tim Dinas Pendidikan Langkat Tinjau Siswa Belajar di Lantai
2017/09/13 Fadli Nurzal Anggota DPR RI Prihatin Murid Belajar Di Lantai.

Yayuk juga mengatakan akibat rusaknya ruang kelas terpaksa bangunan gudang sekolah yang tidak layak pakai digunakan sebagai kelas untuk rombel kelas 1 dan 2,terpaksa gudang digunakan sebagai ruang belajar kelas 1 dan kelas 2, kondisi gudangnya juga parah (rusak,red) dan belajar menggunakan meja tenis meja kursinya juga rusak jadi ada yang belajar di lantai pak",sebut Yayuk.

"Kalo hujan air masuk pak atapnya bocor dan pernah dulu asbes (plafon,red) kelas jatuh pak Alhamdulillah gak menimpa siswa,tutur Yayuk dengan getir.

Kepala Sekolah SD Negeri 050676 Kebun Balok,Zaitun saat di konfirmasi halKAhalKI.com tidak berada disekolah,"Bu Kepala Sekolah sakit pak dan hp (hand phone,red)nya gak bisa dihubungin sebut salah satu staf kepada halKAhalKI.com./ref.