Di Langkat, 2 Pekerja Anak Jadi Korban Ledakan di Dapur Penyulingan Minyak

Dapur penyulingan minyak meledak dan terbakar di Lingk I Kampung Lalang Kelurahan Pekan Besitang, Kab Langkat Sumut, Sabtu malam (6/2/2021)/ ist,

Langkat, hK2 | Dua orang anak berstatus pelajar yang berusia 14 serta 15 tahun bernama Reihan dan Yuda serta seorang dewasa Eki (40) warga Kampung Lalang Pekan Besitang Kecamatan Besitang Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, menjadi korban dan menderita luka bakar akibat ledakan kuat yang berasal dari dapur penyulingan minyak mentah milik masyarakat, Sabtu (6/ 2/2021) sekira pukul 21.15 WIB.

Informasi yang dirangkum dari sumber Kepolisian menyebutkan selain ketiga korban luka bakar tersebut, ledakan dari penyulingan minyak tradisional menyebabkan 2 unit rumah beserta isinya, milik Adi candra (38) dan Manto (40) hangus terbakar hingga keduanya menderita kerugian materi Rp.70 juta dan Rp.60 juta.

Kapolsek Besitang, Akp A Harahap dalam keterangan tertulisnya menyebutkan dapur penyulingan minyak tradisional tersebut milik Sunar (27) warga Lk I Kampung Lalang Kelurahan Pekan Besitang Kecamatan Besitang Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Kronologis

Dijelaskan oleh Kapolsek Besitang, terjadi kebakaran di lingkungan I Kampung Lalang Pekan Besitang di dapur masak minyak mentah (conden) milik Sunar, Sabtu (6/2/2021) sekira pukul 21.15 WIB.

"Penyebab kebakaran disebabkan adanya kebocoran pada pipa saluran buang atau keluar hasil penyulingan atau masak minyak mentah yang dilakukan oleh Eki, Yuda dan Reihan," kata Harahap.

Kebocoran pada pipa saluran penyulingan minyak mentah, yang mengeluarkan uap atau gas tersebut tidak diketahui oleh ketiganya dan ketiga pekerja dapur penyulingan minyak mentah, saat itu sedang mengipas api yang ada di tungku masak dengan maksud agar api tersebut menyala.

Selanjutnya 1 2