Di DAS Kampung Kubur, UKM Jurnalis dan Pemuda Kampung Sejahtera Tanam Eucalyptus

Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera dan UKM JBM diwakili Sekretaris M. Harizal dan Juru Bicara UKM Jonris Purba, saat menanam 20 bibit pohon Eucalyptus di pinggiran DAS. /Ist.

Medan, hK2 - Aksi memperkenalkan pohon Eucalyptus sebagai penghasil bahan baku minyak Atsiri Euca yang diyakini bisa menangkal penyebaran virus Covid-19 terus dilakukan UKM Jurnalis Bina Mandiri (JBM) bekerja sama dengan Toba Pulp Lestari (TPL).

Pada Minggu (25/10/2020) pagi, giliran Kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Babura yang menjadi lokasi penanaman baru, bekerja sama dengan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera, UKM JBM diwakili Sekretaris M. Harizal dan Juru Bicara UKM Jonris Purba, menanam sebanyak 20 bibit pohon eucalyptus di pinggir sungai di Kawasan Kampung Kubur yang terletak di Jalan Zainul Arifin, Medan.

Seorang warga Kampung Kubur, Imran Amry mengatakan, penanaman pohon ini diharapkan bisa membantu upaya pencegahan pinggiran sungai terkikis pada saat air sungai meluap jika terjadi hujan deras di hulu.

“Tentunya kami berharap, ada semacam pergerakan lagi, tidak hanya terhenti di kegiatan hari ini saja, tapi bisa merambah ke bawah lagi, untuk penanaman pohon-pohon yang bisa membantu menstabilkan tanah,” ujar Imran Amri seusai kegiatan penanaman.

Imran Amry menyebutkan, tidak selamanya hujan deras yang mengguyur mengakibatkan Kawasan DAS itu banjir akibat air sungai meluap. "Kita juga sudah mendapat bantuan seperti talud yang sudah dicor dan juga penanaman pohon, maka kita berharap air sungai tidak akan meluap hingga ke atas sini,” sebutnya didampingi Aminur Rasyid.

Sementara itu, Juru Bicara UKM JBM Jonris Purba mengatakan, aksi penanaman pohon yang dilakukan di Kawasan Kampung Kubur merupakan rangkaian dari kegiatan penanaman pohon euca yang dilakukan sejak pekan lalu.

Selanjutnya 1 2