Detik-detik Proklamasi di Surabaya, Pengguna Jalan Diminta Hormat dan Nyanyikan Indonesia Raya

epatnya pukul 10.17 WIB, para pengendara dihentikan Anggota Kepolisian dengan membagikan Bendera Merah Putih, dan memberikan hormat serta menyanyikan lagu Indonesia Raya, Selasa (17/8/2021)./ ist

halKAhalKI.com, Surabaya | Untuk menghormati jasa-jasa para pejuang Pahlawan Kemerdekaan Republik Indonesia, tepatnya pukul 10.17 WIB, para pengguna jalan (pengendara) yang melintas di Jalan Ahmad Yani, Surabaya, atau kawasan Bundaran Taman Pelangi, dihentikan Anggota Kepolisian dengan membagikan Bendera Merah Putih, dan memberikan hormat serta menyanyikan lagu Indonesia Raya, Selasa (17/8/2021).

Bahkan, para pengendara roda dua, terutama pengendara roda empat, juga diminta keluar dari dalam mobil, untuk berdiri beberapa menit di dekat kendaraannya.

Beberapa pengendara yang baru saja menarik tuas rem motornya sempat bertanya-tanya dengan aksi penghentian tersebut. Sebagian, pengendara roda dua dan mobil, sempat ada yang mengira ada razia pemeriksaan kelengkapan surat kendaraan.

Namun, setelah melihat beberapa anggota Kepolisian perempuan (Polwan) mendatangi, dan lalu memberikan bendera merah putih berukuran kecil lengkap dengan pegangannya, ternyata ada prosesi penghormatan bendera dan menyanyikan lagu wajib nasional Indonesia Raya.

"Saya kira ada razia. Ternyata upacara," ujar seorang pria berjaket warna cokelat.

Pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 76 Tahun, pihak Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jatim menghentikan ratusan pengendara yang melintas untuk menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan memberi hormat kepada bendera merah putih.

Selanjutnya 1 2