Khairul Ramadhan

Brandan Bumi Hangus, Semangat Mempertahan Kemerdekaan dan Sumber Daya

Ketua PC PMII Langkat Binjai, Khairul Ramadhan

73 Tahun yang lalu tepatnya 13 Agustus 1947 telah terjadi peristiwa yang luar biasa, tambang minyak di Pangkalan Brandan di bakar oleh Pejuang Indonesia.

Hal itu bermula dari invasi Belanda yang dikenal dengan istilah Agresi Militer untuk kembali menguasasi Indonesia.Tambang minyak juga menjadi sasaran Belanda, salah satunya adalah Pangkalan Brandan.

Pembumihangusan tambang minyak di Pangkalan Brandan, adalah wujud nyata perlawanan para pejuang dan masyarakat terdahap kolonial Belanda. “daripada dikuasi Belanda, lebih baik dibumi hanguskan”.

Akibat peristiwa tersebut, Pangkalan Brandan beserta industrinya luluh lantak dan terbakar segingga sistem eksplorasi yang biasanya berjalan akhirnya berhenti total saat itu, dan Agresi Militer Belanda gagal untuk menguasai Tambang Minyak di Pangkalan Brandan serta gagal untuk kembali menguasai Indonsia.





Perlu kita ingat bersama, sejarah awal pengeboran sumur minyak di Indonesia dilakukan sejak zaman penjajahan Belanda. Pada 1871, pengeboran sumur minyak pertama dilakukan di Cirebon.

Selanjutnya 1 2