Bibit Eucalyptus Ditanam UKM Jurnalis Bina Mandiri di Tanjung Siporkis,Galang

UKM Jurnalis Bina Mandiri bersama Kepala Desa Siporkis, Hartono menanam bibit eucalyptus, Senin (26/10/2020)

Deliserdang, hK2 - Pohon Eucalyptus di masa pandemi saat ini menjadi daya tarik. Olahan Eucalyptus banyak mengandung manfaat, sebagai penangkal penularan virus corona (Covid-19).

Berdasarkan hasil penelitian Iptek USU, Euchalyptus memiliki kandungan senyawa aktif 1,8 cineole (eucalyptol) yang mampu menekan pertumbuhan berbagai jenis virus, termasuk Covid-19 dalam skala 80-100 persen.

"Dan kesimpulan ini didapat setelah mereka melakukan penelitian selama dua tahun bekerjasama dengan perusahaan pulp, PT TPL (Toba Pulp Lestari),” sebut Rizanul, mewakili UKM Jurnalis Bina Mandiri (JBM), saat berkunjung ke Desa Tanjung Siporkis Kecamatan Galang Kabupaten Deliserdang, Senin, 26/10/2020).

Penelitian manfaat Eucalyptus juga diperkuat Kementerian Pertanian yang menyebut Eucalyptus bisa menjadi anti virus corona. Fakta barunya dari ilmuan barat, eucalyptus banyak manfaatnya.

Uji potensi eucalyptus sebagai antivirus dilakukan dengan tahapan telusur ilmiah dan uji invitro. Pengujian menggunakan beberapa konsentrasi dari berbagai jenis virus seperti virus influenza dan jenis virus corona lainnya.

Lawatan pengurus UKM JBM ke Desa Siporkis untuk menyerahkan bibit Eculayptus sekaligus hand sanitizer berbahan minyak atsiri olahan dari Eucalytus, ke Kepala Desa Hartono, dengan harapan Eucalyptus dapat membawa manfaat di masa depan dalam menghadapi pandemi yang belum diketahui sampai kapan melanda negeri.

Selanjutnya 1 2