Bawaslu Langkat Sosialisasikan Pemilu 2019 Kepada Ormas dan OKP

halkahalKI.com, Langkat - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Langkat mengajak peran aktif masyarakat dan pemuda dalam pelaksanaan pengawaasan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Hal ini dinyatakan Ketua Bawaslu Kabupaten Langkat Husni Laily di depan peserta Sosialisasi Pengawasan Pemilu 2019 di Gedung PKK Langkat, Stabat (27/2/2019).

"Peran aktif masyarakat sangat dibutuhkan terutama dalam pengawasan setiap tahapan Pemilu 2019," kata Husni Laily yang didampungi anggota Bawaslu Langkat Marhadenis Nasution,Sayuti, Juliadi dan Riono saat membuka Sosialisasi tersebut.

"Untuk sekarang ini tahapan yang sedang erlangsung bekaitan dengana daftar pemilih khusus menuju DPTb, masyarakat dibutuhkan peran aktifnya untuk memastikan apakah dirinya sudah terdata dalam DPT atau belum,"lanjut Ketua Bawaslu Langkat tersebut.  

"Apalagi tahapan kampanye masih berjalan,jadi marilah kita menjaga agar kampanye yang sedang berlangsung ini sesuai dengan peraturan perundang undangan,"pungkas Husni Laily.

Foto : Sosialisasi Pengawasan Pemilu Bawaslu Langkat di Gedung PKK Langkat, Rabu (27/2/2019)

Selanjutnya peserta sosialisasi juga di berikan pemahaman seputar Pemilu DPRD Kabupaten/Kota,DPRD Provinsi,DPR RI dan DPD RI serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden oleh anggota Bawaslu Langkat Marhadenis Nasution.

Marhadenis Nasution juga memaparkan peraturan ;perundang undangan Pemilu 2019 serta pengawasan kampanye  serta larangan dalam kampanye termasuk sanksinya. Dia juga mengajak peran aktif masyarakat dalam pengawasan Pemilu dan melaporkan kepada Bawaslu Langkat pelanggaran pelanggaran yang di ketahui disertai fakta dan bukti pelanggaran.

Sosialisasi Pengawasan Pemilu diikuti berbagai organisasi kemasyarakatan yang ada di Kabupaten Langkat diantaranya NU, KAHMI, Pemuda Muslimin, IMM, ISNU, PMII, BKMT, BKPRMI, HMI, KNPI Langkat./ ref