Bambang Soesatyo Ketua DPRRI Ke 3 di Periode 2014 -2019

Foto : Bambang Soesatyo /det.

Jakarta,halKAhalKI.com - Jakarta - Akhirnya Bambang Soesatyo dipilih Golkkar menjadi Ketua DPR menggantikan Setya Novanto yang mundur setelah tersandung kasus dugaan korupsi e-KTP.

Dengan diangkatnya demikian, Bamabang Soesatyo menjadi Ketua DPRRI keempat yang dilantik pada periode 2014-2019.

Ketua DPR pertama yang dilantik pada periode 2014-2019 adalah Setya Novanto. Novanto dilantik pada 2 Oktober 2014 bersama 4 pimpinan lainnya, yaitu Fadli Zon, Taufik Kurniawan, Agus Hermanto, dan Fahri Hamzah.

Pada Desember 2015, Novanto meninggalkan kursi Ketua DPRRI setelah skandal 'papa minta saham' dan disidang Mahkamah Kehormatan Dewan. Tepat sebelum Mahkamah Kehormatan Dewan mengambil keputusan, Novanto mengirim surat pengunduran diri.

Kursi Ketua DPR sempat diisi Plt, yaitu Fadli Zon. Golkar akhirnya memilih Ade Komarudin sebagai Ketua DPR, yang kemudian dilantik pada 11 Januari 2016. Empat pimpinan DPR lainnya tetap pada posisi masing-masing.

Jabatan Ade Komarudin atau yang akrab disapa Akom sebagai Ketua DPR yang kedua tidak bertahan lama. Sempat dilaporkan ke MKD, Akom lalu diganti Golkar dari posisi Ketua DPR.

Posisi Ketua DPR kembali diisi oleh Setya Novanto, yang namanya sudah direhabilitasi MKD. Novanto lalu dilantik lagi sebagai Ketua DPR ketiga selama periode 2014-2019 pada 30 November 2016.

Dinamika di tubuh DPR belum selesai. Novanto lagi-lagi mundur dari posisi Ketua DPR karena menjadi tersangka di kasus dugaan korupsi e-KTP. Setelah pengunduran diri Novanto diterima DPR, jabatan Ketua DPR sempat kosong karena Golkar tidak kunjung menunjuk penggantinya.

Hari ini, Senin (15/1/2018), Golkar akhirnya secara resmi mengumumkan nama Bambang Soesatyo sebagai Ketua DPR pengganti Novanto. Bamsoet hari ini akan resmi dilantik sebagai Ketua DPR yang keempat pada periode 2014-2019./int/ref