Anshory Siregar Serahkan Media Edukasi Gerakan Masyarakat Menggunakan Obat kepada Pemko Binjai

halKAhalKI.com - Binjai : Kesadaran masyarakat terhadap hidup sehat perlu di tumbuh kembangkan,salah satunya dengan mewujudkan kepedulian, kesadaran, pemahaman dan keterampilan masyarakat dalam menggunakan obat secara tepat dan benar merupakan upaya gerakan masyarakat cerdas menggunakan obat. Menurut WHO, Penggunaan obat yang dikatakan rasional apabila pasien menerima obat yang sesuai dengan kebutuhan dalam periode waktu yang memenuhi syarat.

Meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penggunaan obat secara benar, Selasa (31/10/2017), Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara melalui Direktur Pelayanan Kefarmasian Kementrian Kesehatan RI mengadakan Pertemuan Pembekalan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat pada pemegang kebijakan di Kota Binjai. Pertemuan ini dilaksanankan selama perumahan Berngam Binjai yang mana diikuti oleh lebih dari 200 peserta terdiri dari Organisasi Profesi, untuk pembekalan AOC (Agent Of Change ) dan juga peserta dari masyarakat / lembaga/ Ormas/ Tokoh Masyarakat sebagai sosialisasi Gema Cermat di Kota Binjai.

Pertemuan ini dibuka oleh Walikota Binjai yang di wakili oleh dr. M. Indra Tarigan, M. Km, yang mana didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Sumatera utara, dan juga Kepala Dinas Kesehatan Kota Binjai.

Indra Tarigan yang mewakili Walikota Binjai menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara yang juga bekerjasama dengan Anggota DPR RI Komisi IX Anshory Siregar yang telah memilih Kota Binjai sebagai salah satu Kota yang berkesempatan mendapatkan pembekalan langsung mengenai Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat.

Dra. R. Dettie Yuliati, Apt. M.Si selaku Direktur Pelayanan Keformasian Kementrian Kesehatan RI juga menyampaikan harapan ”agar semua peserta dapat mengikuti pembekalan ini dengan penuh semangat dan tekun, sehingga apa yang kita ingin capai sesuai dengan yang kita harapkan untuk membangun masyarakat kita lebih cerdas dalam menggunakan obat-obatan bagi keluarga “, Jelasnya

Dalam acara pertemuan tersebut Anshory Siregar selaku narasumber dari DPR RI Komisi IX yang menangani kesehatan juga berkesempatan menyerahkan secara simbolis media Edukasi Gerakan Masyarakat Mengguanakan Obat kepada Pemerintahan Kota Binjai, yang mana diterima langsung oleh para petugas apoteker di Binjai.

Pertemuan Gerakan Masyarakat Cerdas mengunakan Obat di Kota Binjai sangat disambut baik oleh peserta khususnya masyarakat yang hadir dalam pertemuan ini. dimana mereka mengatakan banyak mendapatkan ilmu tentang manfaat atau kegunaan obat serta mengetahui macam-macam tentang obat, sehingga mereka tahu bagaimana cara menjadi masyarakat cerdas menggunakan obat, hal ini disampaikan oleh salah satu peserta masyarakat./rel/red