Anggaran Tak Cair, KPU Langkat Berhentikan Sortir dan Lipat Surat Suara

halKAhalKI..com,Langkat - Pelipatan surat suara Pemilihan Umum 2019 yang telah berlangsung dari Jum'at (8/3/2019) dibentikan KPU Kabupaten Langkat pada hari Selasa (19/3/2019).

Ratusan warga yang telah berada di GOR Stabat dan dijadwalkan KPU Langkat untuk menyortir dan melipat surat suara harus kembali kerumah masing dengan kecewa karena pelipatan surat suara calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) daerah pemilihan Sumatera Utara tidak dilanjutkan.

Sekretaris KPU Langkat, Zainul Arifin kepada halKAhalKI.com, di KPU Langkat, Selasa (19/3/2019) membenarkan penyortiran dan pelipatan surat suara dihentikan karena ketiadaan biaya operasional.

"Ya..adanya revisi anggaran yang dilakukan KPU RI,sehingga kita tidak bisa mencairkan anggaran dalam beberapa hari ini,"tutur Zainul Arifin.

Hal yang senada juga diungkapkan Ketua KPU Langkat Sopian Sitepu,"benar hari ini kegiatan penyortiran dan pelipatan surat suara yang KPU Langkat laksanakan dengan melibatkan masyarakat tidak berlangsung."

"Hal ini dikarenakan KPU melaksanakan revisi anggaran sehingga kita tidak dapat melakukan pengambilan anggaran termasuk untuk kebutuhan penyortiran dan pelipatan surat suara tersebut" ungkap Sopian.

Lebih lanjut Ketua KPU Langkat menyebutkan,kondisi ini tidak hanya berlaku untuk KPU Langkat saja tapi keseluruhan KPU yang lain.

"Hingga tanggal 21 (Rabu,21/3/2019,red) nanti kemungkinan baru kita bisa mencirkan anggaran untuk operasional KPU Langkat," pungkas Ketua KPU Langkat tersebut di Kantor KPU Langkat, sebelum pelantikan pengganti antar waktu anggota PPS salah satu Desa.

Dari informasi yang dirangkum halKAhalKI.com diketahui setiap hari penyortiran dan pelipatan surat suara yang melibatkan 250 orang warga yang terbagi kedalam 25 tim menghabiskan anggaran hingga mencapai Rp.30 juta yang digunakan untuk upah penyortiran dan pelipatan surat suara dan kebutuhan lainnya ./ref